Satu Bidan Layani 1.300 Orang Pasien


Kamis, 23 April 2015 - 18:46:10 WIB
Satu Bidan Layani 1.300 Orang Pasien

Menyikapi kondisi tersebut, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, berencana akan mengajukan penambahan petugas ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pekanbaru. Selain kekurangan tenaga, jumlah tenaga bidan yang ada saat ini, juga tidak seimbang lagi dengan pesatnya pertumbuhan penduduk di Kota Pekanbaru.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

Kepala Diskes Pekanbaru, Helda S Munir mengungkapkan, jumlah tenaga bidan yang ada di Pemko Pekanbaru aat ini, tercatat sebanyak 800 bidan yang diinventarisir. “Pekanbaru memiliki jumlah penduduk lebih 1 juta jiwa. Jadi satu bidan mesti melayani 1300 orang. Padahal, jumlah idealnya satu bidan untuk 130 orang,” ungkap Helda, Kamis (23/4). Helda menyebutkan, selain mengajukan penambahan bidan, pihaknya juga mengusulkan penambahan tenaga dokter dan tenaga teknis lainnya. “Kita sudah usulkan penambahan tenaga kesehatan ke BKD untuk menutupi kekurangan personil di lapangan. Termasuk dokter dan tenaga teknis lainnya,” sebut Helda.

Menanggapi ini, Walikota Pekanbaru, Firdaus mengaku prihatin tidak idealnya jumlah perbandingan antara tenaga kesehatan khususnya bidan dengan masyarakat kota bertuah. Sementara untuk mewujudkan visi dan misi Kota Pekanbaru menuju Metropolitan Madani, sumber daya yang perlu dibangun salah satunya adalah kesehatan masyarakat.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

“Sekarang dengan jumlah penduduk 1,1 juta jiwa, berarti diperkirakan satu bidan mesti melayani 1300 penduduk. Ini sangat mengkhawatirkan sekali,” pungkas Firdaus. (hr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]