Pembangunan Terminal Bus Masih Jadi Kendala


Kamis, 23 April 2015 - 18:58:10 WIB
Pembangunan Terminal Bus Masih Jadi Kendala

Janji kepemimpinan Ma­hEm, untuk menghadirkan terminal bus di Kota Padang dalam dua tahun masih perlu proses dan kerja keras. Sebab, lagi-lagi terkendala soal pem­bebasan lahan dan anggaran, seperti yang akan dibangun terminal di Iwapi dan Tipe A di Anak Air, yang sampai sekarang terkendala perluasan perlebaran jalan.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Padang, Rudy Rinaldy, sesuai rencana pe­laksanaan pembangunan ter­minal akan dikerjakan pada tahun 2015 dengan anggaran sebesar Rp10 miliar. Dalam tahap pengerjaannya saat ini, untuk lahan sudah dibebaskan seluas 4,5 hektare.

“Insyaallah, selesai land clearing (pember­sihan,red), pembangunan fisik pun siap dilaksanakan,” terangnya.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Dikatakannya, untuk me­nunjang operasional terminal di Anak Air, mengharuskan jalan masuk dari Simpang Lubuk Buaya dan By Pass menuju terminal akan di­per­lebar menjadi 40 meter. Pe­nger­jaan ini, dengan me­ngg­u­nakan APBD Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) se­nilai Rp10 miliar. Sementara, untuk pembangunan fisik ter­minal, masih proses menunggu anggaran dari pemerintah pu­sat. Sebagaimana, telah dia­jukan anggaran sebesar Rp40 miliar ke pemerintah pusat.

“Dari usulan ke pusat, saat ini kita baru menerima Rp2,5 miliar. Untuk itu, dengan minimnya anggaran, juga diha­rapkan keterlibatan investor dalam pembangunan penun­jang nantinya. Semoga, proses pembangunan terminal mam­pu berjalan lancar, yang di­sertai dukungan masyarakat, khususnya dalam penyelesaian ganti rugi dan sebagainya,” imbuhnya.

Untuk pelebaran jalan dari Sim­pang Lubuk Buaya dan dari By Pass menuju terminal, saat ini pihaknya akan me­maksimalkan anggaran yang tersedia, karena soal pem­bebasan lahan masih terjadi.

Disebutkannya, dalam pe­ngerjaan pelebaran jalan harus didukung oleh warga. Sebab, jika terminal ini terbangun secepatnya, akan menjadi ge­liat kemajuan transportasi di Kota Padang. Karena berguna bagi bus AKAP, AKDP, serta Bus Trans Padang, juga bisa berputar dan singgah di ter­minal. Tidak hanya itu, ren­cana lainnya juga akan ada Rail Bus, yang nantinya me­nying­gahi terminal. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]