Berkas BW Langsung Dilimpahkan ke Kejaksaan


Kamis, 23 April 2015 - 18:58:49 WIB
Berkas BW Langsung Dilimpahkan ke Kejaksaan

“Berkas BW segera maju, sore ini, dilimpahkan langsung keKejaksaan Agung,” kata Direktur II Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Eksus) Bareskrim Polri, Brigjen Victor E Simanjuntak di Bareskrim.

Baca Juga : AHY Cs Absen di Sidang Mediasi Pertama, Kubu Moeldoko: Lecehkan Pengadilan

Meski melimpahkan berkas perkara ke kejaksaan, penyidik Bareskrim batal melakukan penahanan terhadap BW. Padahal wakil ketua KPK nonaktif itu sudah ramai diberitakan akan langsung ditahan. Bahkan, penyidik telah menerbitkan surat penahanan dan menyodorkannya kepada BW.

Victor menyampaikan alasan pihaknya batal menahan BW, yakni karena BW terbilang kooperatif dalam pemeriksaan.

Baca Juga : Partai Golkar Satu Suara Usung Airlangga Hartarto Jadi Capres

Telpon Kapolri

Terkait hal tersebut, pelaksana Ketua KPK Taufie­qurachman Ruki langsung menelepon Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Seandainya benar ditahan, KPK akan langsung meminta penangguhan penahanan.

“Kalau proses penahanan ini tentu kami upayakan tidak ditahan atau kalau ditahan mengajukan diri untuk dilakukan penangguhan,” ujar Pelaksana Wakil Ketua KPK Johan Budi saat memberikan keterangan pers di kantornya, Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Kata Johan, pimpinan KPK akan dengan suka rela menjadi jaminan agar BW tidak ditahan Mabes Polri. Permintaan penangguhan itu pun tidak disampaikan lantaran KPK mendapatkan berita bahwa BW tidak jadi ditahan.

Johan menegaskan mendengarkan langsung keterangan tersebut dari dari Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Mabes Polri Brigadir Jenderal Victor Simanjuntak melalui siaran televisi.

Lagi pula, kata Johan, mereka sudah menelpon Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

“Saya mendasarkan keterangan dari Pak Viktor kooperatif sehingga tidak ditahan,” kata Johan.

Dalam pernyataan tersebut, Johan didampingi Pelaksana Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, Pelaksana Wakil Ketua KPK Indriyanto Seno Adji dan Wakil Ketua KPK Zulkar­naen. (h/trn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]