Tiga Perusda Dikaji untuk Merger


Kamis, 23 April 2015 - 19:03:42 WIB
Tiga Perusda Dikaji untuk Merger

PT ATS sendiri bergerak dalam bidang perhotelan, sementara untuk PT Dinamika bergerak dalam bidang perbengkelan bagi mobil-mobil dinas. Kedua BUMD tersebut hanya dipimpin oleh satu manejer karena PT ATS dan PT Dinamika ditinggal manajernya.

Baca Juga : Sidak ASN Pemko Padang, Arfian: Tingkat Kehadiran Mencapai 99 Persen 

“Untuk usaha perhotelan tentu kita akan tinggal jauh dari swasta, begitu juga dengan perbengkelan yang digeluti Dinamika. Sementara dalam aturannya kita juga tidak boleh bersaing dengan pihak swasta,” jelas Syafruddin.

Alasan inilah yang memunculkan kajian merger yang saat ini tengah dibahas Pemprov Sumbar bersama Komisi III DPRD Sumbar.  Kalau pun harus demerger kata Syafruddin, belum akan terwujud dalam waktu dekat. Akan banyak tahapan yang harus dilalui sampai ketiga BUMD tersebut dilebur menjadi satu terutama pembuatan Perda baru untuk perusahaan baru ini.

Baca Juga : Setelah Ambulance untuk Palestina, Kota Padang Kembali Salurkan Bantuan Sebesar Rp100 Juta 

Dari tiga BUMD ini, tahun 2015 hanya PT Grafika yang kembali mendapatkan suntikan dana, sementara untuk Dinamika dan ATS tidak dianggarkan. Menurut Syafruddin, kehadiran BUMD ini seharusnya menjadi pembeda dengan perusahaan swasta. Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada BUMD ini tetap dibebankan karena sebagai perusahaan daerah juga harus menghasilkan untuk daerah. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]