Waspadalah, Segmen Sianok Sumber Gempa Besar


Jumat, 24 April 2015 - 20:19:54 WIB
Waspadalah, Segmen Sianok Sumber Gempa Besar

Data hasil penelitian ES­DM Sumbar lanjut Nuzuwir, me­nunjukkan bahwa segmen Sia­nok memanjang dari sisi timur laut danau Singkarak, melewati sisi barat daya gu­nung Marapi hingga Ngarai Sianok, dan memiliki panjang segmen 90 kilometer yang terletak pada koordinat 0.7°S-0.1°N.

Baca Juga : BMKG Sebut Pertanda Baik, Gempa Susulan Malang Lebih Kecil

Mengingat ancaman cu­kup besar, maka harus di­ambil kebijakan mitigasi ben­cana seperti, membangun persepsi yang sama bagi se­mua pihak, pelaksanaan mi­tigasi bencana dilak­sa­nakan se­cara terpadu ter­koordinir yang melibatkan seluruh po­ten­si pemerintah dan ma­sya­rakat, serta ada upa­ya preven­tif yang harus di­uta­ma­kan agar kerusakan dan korban jiwa dapat di­mi­nimalkan.

“Segmen Sianok me­ru­pakan segmen yang aktif, se­hingga perlu kewaspadaan tinggi karena sewaktu waktu bisa terjadi gempa, dengan magnitudo besar maupun ke­cil. Maka dari itu, selain miti­gasi bencana, kewaspadaan masyarakat akan ancaman ini juga harus ditingkatkan,”tutup, Nuzuwir.

Baca Juga : Satu Unit Rumah di Agam Dilahap Si Gulambai, Pemilik Rumah Meninggal Terbakar

Diketahui, Sumbar secara geografis menempati bagian Barat Pulau Sumatera yang merupakan salah satu provinsi rawan bencana alam geologi. Secara geotektonik, Sumbar tepat berada di depan zona penunjaman lempeng Sa­mu­dera India-Australia yang aktif menunjam kebawah pulau Sumatera tepatnya di Palung Laut Kepulauan Mentawai (Jalur Beniof-Wadati).

Tak hanya itu, Sumbar juga juga dilintasi oleh patahan sesar besar Sumatera (sesar se­mang­ko) dan memanjang di sepan­jang Pulau Sumatera, mulai dari ujung Aceh sampai Selat Sunda, dengan bidang vertical dan pergerakan lateral mengkanan (dextral-strike slip), sesar Su­ma­tera sangat tersegmentasi. (h/cvs)

Baca Juga : Jalan Inhu-Kuansing Rusak Parah, Gubernur dan Anggota Dewan Diminta Peduli

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]