KPU Akan Kesulitan dalam Proses Rekruitmen


Jumat, 24 April 2015 - 20:20:54 WIB
KPU Akan Kesulitan dalam Proses Rekruitmen

“Misalnya pada rekruitmen calon KPPS. KPU akan terkendala dengan faktor umur, pendidikan dan persyaratan lainnya. Karena di tingkat desa, aktor-aktor yang aktif dan berpartisipasi hanya itu-itu saja. Faktor pengalaman, juga sangat berpotensi untuk itu (dampak negatif),” jelasnya Jumat (24/4).

Baca Juga : Meski Ditutup, Pantai Padang Tetap Dikunjungi Wisatawan

Namun di balik itu, perubahan PKPU itu juga bisa memberikan dampak positif. Salah satunya, jelas akan memberikan kesempatan dan peluang bagi masyarakat lain yang belum pernah terlibat, untuk ikut berpartisipasi dan berperan aktif dalam penyelenggaraan dan pengawasan pemilu.

“Bukan karena pengalaman anggota yang akan membuat KPU kerepotan. Melainkan pada proses penjaringan calon anggota KPPS di tingkat bawah,”pungkasnya.

Baca Juga : Manambang, Tradisi Mencari THR saat Lebaran di Padang

Komisioner KPU Sumatera Barat, Fikon Sikumbang mengatakan, peraturan baru terkait rekruitmen calon anggota PPK, PPS dan KPPS tersebut, justru diakui akan membawa dampak yang baik dalam upaya kaderisasi, sekaligus peningkatan integritas KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu.

Namun demikian, Fikon juga tidak menampik adanya komplain dari beberapa anggota, khususnya mereka yang sudah pernah ikut berkali-kali, namun masih berminat untuk kembali menjadi anggota. “Administrasi ketat sekarang ini, KPU kabupaten kota harus punya data siapa saja yang pernah ikut sebagai penyelenggara pemilu sejak 2004,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi berbagai kendala yang kemungkin akan timbul sekaitan upaya rekruitmen calon anggota ujar Fikon, KPU akan bekerjasama dengan lembaga yang ada di tingkat desa dan kelurahan seperti Karang Taruna, PKK, dan lembaga lainnya, untuk memberikan kontribusi dengan mengirimkan SDM terbaik dari masing-masing lembaga mereka. (h/mg-rin)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]