Gempa 6,2 SR Guncang Selandia Baru


Jumat, 24 April 2015 - 20:24:50 WIB
Gempa 6,2 SR Guncang Selandia Baru

Lembaga itu mengubah catatan awal 6,2 menjadi 6,3 dan menggambarkan ke­kua­tan gempa bumi tersebut se­bagai kuat. Kemudian tiga gempa su­sulan telah dilapor­kan, dengan kekuatan dari 3,5 sampai 3,8 pada Skala Richter.

Baca Juga : Mudik Dilarang, Sejumlah Pool Bus AKAP di Kota Padang Tak Beroperasi Mulai Hari Ini

Guncangan utama ber­langsung selama sekitar 20 detik dan terasa di seluruh kepulauan North dan South, kata Xinhua di Jakarta, Jumat siang. Winston Gray, Wali Kota Kaikoura, di dekat pusat gem­pa memberitahU Radio Selandia Baru bahwa staf ­ber­larian ke luar gedung ketika mereka menyadari gempa itu bertambah kuat. “Yah, mu­lanya, kami bangun di lantai dua dan merasakan sedikit gerakan, kami kira, Tak apa-apa .... Jadi kami cuma duduk di kursi, lalu terjadi lah —buat saya, itu adalah gerakan ber­putar, sangat kuat, sangat ken­cang,” kata Gray. Warga Kai­koura telah menelepon dewan dan melaporkan kerusakan kecil, katanya.

Layanan kereta di selurh South Island dan layanan ke­reta kota di seluruh Ibu Kota Selandia Baru, Wellington, telah dihentikan menunggu pemeriksaan keselamatan, kata Radio Selandia Baru.

Baca Juga : Saat Ini Momentum Tepat Membeli Emas, Simak Penjelasan Pakar

Gempa bumi itu terjadi di dekat pusat gempa dengan kekuatan 5,1 pada Skala Rich­ter yang mengguncang tepat di sebelah timur Kota Kecil Sed­don di South Island pada Kamis (23/4). Tak ada laporan mengenai korban cedera atau kerusakan besar akibat gempa pada Kamis. Seddon diguncang oleh serangkaian gempa pada penghujung 2013, yang paling berukuran 6,6 pada Skala Rich­ter dan meng­akibatkan kerusakan di kota tersebut. (h/ant)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]