Jokowi Disarankan Reshuffle Kabinet


Jumat, 24 April 2015 - 20:26:36 WIB
Jokowi Disarankan Reshuffle Kabinet

“Masyarakat tidak percaya karena figur-figur anggota kabinet tidak mampu mem­berikan keyakinan akan keber­hasilan pemerintah dalam jangka panjang,” ujar Ari da­lam diskusi di Menteng, Ja­karta Pusat, Jumat (24/4.

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

Menurut Ari, dalam enam bulan sejak awal terbentuknya pemerintahan, efektivitas pe­merintahan tidak banyak ter­jadi. Komunikasi antara Jo­kowi dan para anggota kab­i­netnya tidak berjalan secara efektif sehingga menimbulkan tumpang tindih kebijakan.

Selain itu, adanya ‘diso­nansi’ atau kondisi keti­dak­cocokan antara anggota kabi­net dan tugas-tugas sesuai pos kementerian yang diberikan menimbulkan ketidak­nya­ma­nan. Akibatnya, harapan pub­lik yang besar tidak tercapai dalam realitas yang terjadi.

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

“Paling tidak, dalam masa kampanye ada jargon revolusi mental, tol laut, dan poros maritim. Tetapi, arah ke­bij­a­kan belum ada. Publik ke­mudian bertanya, jangan-ja­ngan itu hanya jargon saja,” kata Ari.

Rohaniwan dan pengamat sosial, Benny Susetyo, yang hadir dalam diskusi tersebut mengatakan bahwa waktu enam bulan adalah momentum yang tepat bagi Jokowi untuk melakukan reshuffle kabinet.

Baca Juga : Berikut Daftar Pengurus Masyumi Reborn: Ahmad Yani Ketum, Alfian Tanjung Waketum

Menurut dia, salah satu penyebab kurangnya kepuasan publik ialah karena para pem­bantu Presiden tidak membe­rikan data yang valid sehingga kebijakan sering kali menjadi tidak tepat.

“Ada persoalan kesen­ja­ngan birokrasi. Fungsi birok­rasi itu penting, sedangkan penem­patan kabinet banyak yang tidak sesuai bidang. Ba­nyak tim pemenang dimasuk­kan ta­npa melihat kemam­puannya,” kata Benny. (h/kcm)

Baca Juga : AHY Temui Ketum PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Bahas Soal Ancaman Demokrasi

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]