Memulai Usaha dengan Modal Kecil


Ahad, 26 April 2015 - 19:22:41 WIB
Memulai Usaha dengan Modal Kecil

a. Alasan ingin berwira­usaha: kita harus punya alasan yang kuat kenapa ingin berwi­rausaha, alasan inilah yang akan menggerakkan langkah kita menjadi semakin mantap untuk memulai usaha dngan modal kecil dan mewujudkan impian sukses. Hindari alasan yang sesaat yang bisa mema­tahkan semangat dalam berwi­rausaha.

Baca Juga : Ramadan jadi Momentum Penting bagi Perokok Aktif, Kok Bisa?

b. Libatkan istri atau suami dan rekan-rekan: ajaklah orang-orang terdekat kita un­tuk menjadi rekan kerja dalam menjalankan usaha sehari-hari sementara kita masih bekerja sebagai karyawan. Merekalah yang akan menjalankan usaha kita sesuai arahan & strategi usaha yang telah disepakati.

c. Pandai membagi waktu: Kita dituntut mampu dalam mengatur waktu, agar tempat kita bekerja tidak terganggu dan dirugikan dalam hal wak­tu karena kita mempunyai usaha. Kita harus mampu di­siplin dalam mengatur waktu ini. Ketika jam kerja, maka haruslah mencurahkan waktu untuk perusahaan dan di luar jam kerja seperti malam hari dan libur itulah waktu untuk usaha kita sendiri.

Baca Juga : Jakarta Masuk dalam Daftar Kota Termahal Dunia, Ini Penyebabnya

d. Pilih jenis bisnis modal kecil yang cocok sesuai de­ngan minat atau kemampuan yang kita miliki, atau hoby yang kita sukai. Usaha yang kita pilih tidak harus di­jalankan lang­sung dalam skala besar. Usaha dengan modal kecil seperti membuka rumah makan di rumah, menjadi agen pen­jualan busana, pulsa, sembako, memilih kemitraan atau wara­laba, bisa kita jadi­kan pilihan.

e. Sebisa mungkin untuk tidak memilih usaha yang sama dengan pekerjaan yang sedang dijalani, sebaiknya hindari jenis usaha yang sama dengan usaha yang sama dengan peru­sahaan kita bekerja agar tak terjadi konflik kepentingan.

Baca Juga : Kabar Baik! Jaringan di Wilayah Sumatera akan Ditingkatkan Selama Ramadan

f. Jika ingin sukses ber­kum­pulah dengan orang suk­ses: kata-kata tersebut juga berlaku ketika kita hendak membuka sebauh usaha. Ber­ga­bung dengan komunitas-komunitas, grup / forum wira­usaha yang bisa membantu kita mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari yang lainnya sehingga kita juga dapat mempunyai lingkungan usaha yang saling mensuport.

g. Manfaatkan teknologi yang ada: dalam membantu monitoring dan juga komu­nikasi dengan tim kerja di usaha kita maka gunakan tek­no­logi seperti: website, email, smartphone, cctv dan lainnya.

Baca Juga : Maksimalkan Pengalaman Aktivitas Digital di Momen Ramadan dan Idulfitri 1442 Hijriah

h. Jika usaha kita telah mampu menghasilkan keuntu­ngan minimal 3 kali dari jum­lah gaji yang diperoleh tiap bulannya dan stabil selama setahun maka perlu dipertim­bangkan untuk menjadi pengu­saha penuh waktu dan me­ngembangkannya agar lebih besar.  (h/mkb)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]