Pasaman Masuk Kategori Kabupaten Berprestasi


Ahad, 26 April 2015 - 19:37:40 WIB
Pasaman Masuk Kategori Kabupaten Berprestasi

“Ya benar, Bupati Pasaman akan menerima penghargaan prestasi kinerja pemerintah kabupaten terbaik se-Indo­nesia dalam rangkaian upacara pe­ringatan Hari Otonomi Dae­­rah (Otoda) ke XIX di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Mer­deka Utara, Ja­karta Pusat, Senin (27/4),” kata Ka­bag Humas Pasaman, Bu­dhi Her­mawan kemaren.

Baca Juga : Bunda PAUD Kota Pariaman Serahkan Bantuan untuk Dua Pendidik Korban Kebakaran

Dia menambahkan, selain menerima piagam peng­har­gaan atas prestasi kinerja Pemkab terbaik, seperti tahun 2014 lalu, Bupati Benny Utama juga akan dianugerahi Bintang Satya Lencana Karya Bhakti Praja Nugraha sebagai bupati berkinerja sangat tinggi se-Indonesia bersamaan de­ngan 10 bupati lainnya.

Sama dengan tahun lalu pula, Kabupaten Pasaman tahun ini kembali menjadi kabupaten satu-satunya di Kepulauan Sumatera yang memperoleh penghargaan ter­sebut. “Tahun 2014 lalu hanya dua kabupaten di luar pulau Jawa, yakni Kabupaten Pasa­man dan Kabupaten Gowa (Sulawesi Selatan). Namun tahun ini bertambah menjadi tiga daerah, yakni Pasaman, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kalimantan) dan Kabupaten Pinrang (Sulawesi),” ujarnya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 158, Sembuh 153, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Selengkapnya 10 Kabu­paten berprestasi kinerja ter­baik tahun 2015 adalah Kabu­paten Bantul, Kulon Progo, Pasaman, Kutai Kartanegara, Lamongan, Pinrang, Pur­ba­linga, Sidoarjo, Sleman dan Kabupaten Tuban. Peng­har­gaan prestasi kinerja peme­rintah daerah tersebut dibe­rikan atas dasar hasil audit, seleksi dan penilaian anggota tim gabungan yang dibentuk oleh Kemendagri.

“Hasil kerja tim penilai ini merujuk pada Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) tahun 2014 terhadap Laporan Penyeleng­garaan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun 2013 dan tim pusat ini turun langsung ke daerah-daerah yang masuk no­minasi, guna mencocokan data laporan tersebut dengan kondisi sebenarnya di daerah masing-masing,” kata tukuknya.

Baca Juga : ASN Sumbar Jangan Gegabah, Ada Sanksi bagi yang Nekat Mudik Lebaran

Bupati Pasaman Benny Utama yang dihubungi war­tawan kemaren, menyebutkan bahwa apapun prestasi yang telah diraih Kabupaten Pasa­man adalah prestasi bersama semua komponen di Pasaman. Tidak hanya pemerintah dae­rah dan DPRD, tetapi juga termasuk masyarakat yang telah mendukung terlaksa­nanya program dan kegiatan dengan baik.

Sebagai Kepala Daerah, Benny Utama dinilai telah berhasil menetapkan prinsip-prinsip dasar kepemerintahan yang baik dan benar. Sehingga roda pemerintahan Pasaman dianggap telah berada pada trek yang benar.

Baca Juga : DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar

Pemerintahan Benny Uta­ma juga berhasil menyusun perencanaan pembangunan daerah secara apik, sehingga tahun lalu Pasaman berhasil terpilih sebagai juara I dalam menyusun perencanaan pem­bangunan daerah terbaik di Indoensia, kategori B.

Kinerja pemerintahan yang telah berjalan baik di Pasaman, juga berhasil disejalankan Benny Utama dengan pe­ngelo­laan keuangan yang benar dan transparan. Sehingga selama dua tahun berturut-turut Kabu­paten Pasaman berhasil mem­peroleh opini WTP (Wajar tanpa Pe­ngecualian) dari BPK RI.

Begitupun publik service kepada masyarakat yang terus berjalan semakin baik pula di daerah berpenduduk 300 ribu jiwa lebih ini. “Untuk bidang pelayanan publik, Pasaman telah memperoleh predikat sebagai juara I di Sumatera Barat,” imbuh Benny Utama. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]