7 Kota Lolos Penilaian Tahap Dua Adipura


Ahad, 26 April 2015 - 20:01:09 WIB
7 Kota Lolos Penilaian Tahap Dua Adipura

“Bisa saja tujuh kota yang lolos tahap dua ini hanya tinggal tiga saja. Jadi, jangan lengah,” ujar Asrizal Asnan.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Ditambahkannya, untuk mencapai peringkat Adipura memang dibutuhkan komitmen dari kepala daerah yang bersangkutan. Semua lini dan bidang harus saling bersinergi.

“Misalnya saja untuk pasar harus ada komitmen dari Dinas Pasar, kebersihan kota dari DKP, pari­wisata dari dinas pariwisata begitu sete­rusnya. Kekompakan sangat dibu­tuhkan,” ungkapnya.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Untuk penilaian Adipura kata Asrizal, penilaian fisik memiliki bobot yang lebih besar  mencapai 70 persen, sementara untuk penilaian nonfisik 30 persen. Banyak aspek dari fisik yang menjadi penilaian seperti kebersihan dan keteduhan kota. Sementara untuk nonfisik yang menjadi penilaian institusi, mana­jemen dan partisipasi masyarakat.

“Kita juga telah mengundang kabupaten/kota untuk mem­bica­rakan tentang hal ini. Diharapkan tujuh kota yang lolos tahap dua bisa menang,” ujarnya.

Sementara itu, sepanjang perhe­latan Adipura Kabupaten Kepu­lauan Mentawai belum sekali pun mengikuti lomba kota bersih dan teduh ini. Hal ini disebabkan Ke­pulauan Mentawai belum memi­liki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang layak.

“Tahun ini Kepulauan Mentawai menjadi pendatang baru dalam program Adiwiyata,” ucap Asrizal.

Dikatakannya, tidak tertutup kemungkinan setelah mengikuti program Adiwiyata ini Kepulauan Mentawai akan ikut bersaing dengan kota lainnya di Sumbar untuk me­raih Adipura.

“Komitmen kepala daerah tentu sa­ngat diutamakan. Kalau kepala da­erahnya serius tak ada yang tak mungkin tentunya,” tutupnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]