Pertemuan Kemenpora dengan Klub Buntu


Senin, 27 April 2015 - 19:42:41 WIB
Pertemuan Kemenpora dengan Klub Buntu

Menpora pun setuju agar ISL tetap berjalan dengan 18 klub, Arema Cronus dan Per­se­baya Surabaya diberikan kesempatan untuk menye­le­saikan masalah dualisme me­reka.”Semua yang hadir tadi ingin kompetisi segera berjalan. Makanya kita meru­muskan, bahwa kita ingin semua berjalan dengan baik, termasuk Per­sebaya dan Are­ma,” kata Men­pora Imam Nahrawi.

Baca Juga : Bikin Liverpool Frustrasi, Real Madrid Tembus Semifinal Liga Champions

“Soal yang menjalankan PSSI atau Tim Transisi nanti kita bicarakan di pertemuan lebih lanjut. Yang jelas kom­petisi harus segera berjalan, menurut Pak Joko (Driyono, CEO PT Liga) Juni, tapi saya rasa harus bisa lebih cepat dari itu,” tandasnya.

Sementara itu, Joko mema­parkan bahwa PT Liga tidak bisa mengambil keputusan terkait usulan Kemenpora. Karena selain PT Liga dan klub meru­pakan produk PSSI, sega­la kebijakan baru pun harus diambil setelah melalui Rapat Umum Pemegang Saham.

Baca Juga : Timnas Indonesia Pastikan Uji Coba dengan Oman

“Usulan dari menteri sulit untuk diambil terkait usulan terhadap PSSI, klub dan kom­petisi. Forum tadi berujung ke­pada dialog yang saya ang­gap belum ada keputusan kong­­kret. Se­kalipun menteri mendorong pem­bentukan tim bersama untuk itu,” buka Joko kepada insan pers.

“PT Liga dalam posisi yang tidak memiliki kewenangan untuk mengambil keputusan kom­petisinya di bawah Tim Transisi. Karena segala kepu­tusan yang berjalan di bawah PT Liga harus melalui RUPS sehingga pertemuan tadi kita anggap belum menghasilkan keputusan,” tukas mantan sek­re­taris jenderal PSSI itu.

Baca Juga : Neymar Konfirmasi Perbarui Kontrak dengan PSG

Sementara itu 18 klub se­pakbola Indonesia yang berte­mu dengan Menpora Imam Nahrawi menun­jukkan kese­tiaannya kepada PSSI. Mereka tak mau opsi lain kecuali kom­petisi tetap di bawah PSSI. Hal itu tercermin dari keterangan sejumlah perwakilan klub dan PT Liga Indonesia, seusai me­reka mengadakan perte­muan dengan pihak Kemenpora.

“Menpora minta liga tidak di bawah PSSI. Tapi kami klub-klub sepakat tidak akan mau,” ujar Manajer Persebaya Sura­baya, Harry Gendar Ruswanto.

Baca Juga : Gegara Lonjakan Kasus Covid, Kirab Obor Olimpiade di Osaka berlangsung di Taman dan Tanpa Penonton

Menurut Gendar, Men­pora berencana membentuk tim kecil yang di dalamnya melibatkan PT LI sebagai operator kompetisi. Namun, klub-klub ISL akan menolak jika tim kecil tersebut tidak mengajak PSSI.”Menpora akan bentuk tim kecil, ajak PT Liga untuk masalah kompetisi. Tapi jika tidak ada PSSI, klub tidak mau. Kami minta Men­pora mencabut pembekuan PSSI.”sambungnya. (h/gic/dtc)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]