Hasil Survei, Rakyat Dukung Eksekusi Mati Terpidana Narkoba


Senin, 27 April 2015 - 19:52:23 WIB
Hasil Survei, Rakyat Dukung Eksekusi Mati Terpidana Narkoba

Eksekusi gelombang kedua ter­hadap akan dilaksanakan untuk 10 terpidana mati kasus narkoba. Kesepuluhterpidana mati itu adalah Myuran Sukumaran dan Andrew Chan (warga negara Australia), Mary Jane Fiesta Veloso (Filipina), Serge Areski Atlaoui (Prancis), Martin Anderson (Ghana), Zainal Abidin bin Mgs Mahmud Badarudin (WNI), Raheem Agbaje Salami (Nigeria), Rodrigo Gularte (Brasil), Sylvester Obiekwe Nwolise (Nige­ria), Okwudili Oyatanze (Nigeria).

Baca Juga : Survei IPO: AHY Masuk Lima Besar Tokoh Potensial di Pilpres 2024, Anies Teratas

Tony menjelaskan, makam mere­ka telah disiapkan dan liang lahat telah digali. Kata Tony, terpidana mati Raheem Agbaje meminta dimakankan di Madiun. Sedangkan Martin Anderson meminta dima­kamkan di Bekasi. Sementara Mary Jane Fiesta Veloso dan duo bali nine (Myuran Sukumaran dan Andrew Chan-warga negara Aus­tralia) sete­lah ditembak mati, jasat­nya akan dima­kamkan di nega­ranya masing-masing.

Selanjutnya, Zainal Abidin me­min­ta dimakamkan di Nusakam­bangan dan sudah mendapatkan persetujuan keluarganya.

Baca Juga : Pakar Analisis Ucapan Moeldoko 'Diperintah Jokowi': Tak Ubahnya Unjuk Kekuatan

Selain permintaan terakhir soal tempat pemakaman, kata Tony, Andrew Chan juga meminta agar dinikahkan dengan seorang perem­puan Surabaya. Permintaan tersebut sudah penuhi, Senin kemarin.

Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Madiun, Hari Joko Widodo membenarkan sudah ada­nya persiapan makam. Petugas gabungan dari Pemerintah Kota Madiun dan Kejaksaan Negeri Madiun, Jawa Timur, telah mem­bersihkan dua liang kubur.Salah satu terpidana mati kasus Narkoba yang ingin dimakamkan di Indonesia adalah Raheem Agbaje. “Liang lahatnya penuh air hujan dan diseki­tarnya ditumbuhi rumput, jadi harus dibersihkan,” ujarnya, Senin (27/4).

Baca Juga : Berikut Daftar Pengurus Masyumi Reborn: Ahmad Yani Ketum, Alfian Tanjung Waketum

Dua liang lahat yang telah dise­diakan tersebut masing-masing berukuran panjang 2,4 meter, lebar 1 meter, dan kedalaman 1,7 meter. Satu liang lahat terdapat di blok makam Kristiani dan satu lainnya di blok makam Mr X.”Terserah nanti mau dimakamkan di liang lahat yang mana. Sesuai permintaan Raheem, pemakamannya akan diu­rus oleh pihak gereja,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil survei nasional Indo Barometer yang diselenggarakan pada tanggal 15-25 Maret 2015 lalu, mayoritas publik Indonesia atau sekitar 84,1 persen menyatakan setuju dengan hukuman mati yang diberikan kepada penge­dar narkoba. Alasannya karena narkoba telah merusak generasi muda bangsa dan sebagai cara untuk membuat efek jera.

Baca Juga : AHY Temui Ketum PP Muhammadiyah di Yogyakarta, Bahas Soal Ancaman Demokrasi

“Bagi mereka yang setuju, alasan yang banyak diungkap adalah narko­ba merusak generasi muda (60,8%), dan dapat menyebabkan efek jera (23,7%),” kata Direktur Eksekutif Indo Baro­meter M Qodari kepada pers di Jakarta, Senin (27/4). Sedangkan publik yang tidak setuju, alasan yang banyak diungkap adalah masih ada jenis hukuman lain yang lebih manu­siawi (36,2%) dan hukuman mati merupakan pelang­garan hak asasi manusia (28,4%). (h/sam/rol/dn)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]