Hary Tanoesoedibjo Sambangi Wagub Sumbar


Selasa, 28 April 2015 - 19:20:00 WIB
Hary Tanoesoedibjo Sambangi Wagub Sumbar

Dalam sabutannya Hary Tanoesoedibjo mengatakan  kekayaan alam Indonesia sangat besar. Kawasan hutan tropis dan perkebunan yang dimiliki In­donesia juga sangat luas. Kemudian bentangan lautan dengan hasil ba­harinya, hingga aneka tambang yang luar biasa jumlahnya. Namun, semua itu belum terkelola dengan optimal untuk kesejahteraan dan kemak­muran masyarakat.

Baca Juga : Tempati Rumah Dinas, Hendri Septa Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

Hary prihatin melihat kondisi masyarakat. Negara yang seharusnya bisa kuat di mata dunia, ternyata ekonominya lebih besar bergantung pada hutang. Sejak reformasi hingga kini, negara tetap berada pada titik negatif. Solusi yang dilakukan peme­rintah hanyalah berhutang dan mengurangi subsidi untuk rakyat. “Akibatnya si kaya akan bertambah kaya dan si miskin akan tetap seperti itu,” ujarnya.

Pengusaha yang juga dikenal dengan nama singkat HT ini optimis Indonesia bisa berubah lebih baik. Negara dengan jumlah penduduk 250 juta jiwa itu menurutnya bisa bangkit lebih baik, asalkan memiliki pemimpin yang berkarakter tegas, peduli dan bersih. “Karenanya saya terjun ke politik murni mengabdi demi perubahan Indonesia lebih baik,” pungkasnya.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Wagub selaku tuan rumah mem­berikan sambutan dengan me­nam­pilkan beberapa potensi Sumbar. Seperti kakao, geothermal, dan rencana reaktivasi rel Kereta Api Padang – Padang Panjang – Bukit­tinggi-Payakumbuh dan kereta gan­tung. Gubernur juga menye­butkan bahwa 16 Maei 2015 ren­cananya Presiden Jokowi akan datang ke Pessel, Sumbar untuk men­canang­kan Kawasan Wisata Bahari Ter­padu (KWBT) Mandeh.

Dikatakannya, potensi kakao Sumbar yang banyak belum terke­lola dengan masimal. Sehingga ia berharap dengan kehadiran HT di Sumbar bisa membawa angia segar bagi petani kakao Sumbar dengan membangun perusahaan pengolah kakao.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

Selain itu, potensi panas bumi (Geothermal) yang dimilki Sumbar apabila tereksplorasi seluruhnya mencapai 900 Mega Watt. “Sumbar ada 20 titik panas bumi, dari 20 ini baru beberapa yang tergarap, semen­tara lainnya masih menunggu untuk dieksplorasi. Kalau ini bisa ter­eksplorasi maksimal akan menj­adikan Sumbar lumbung energi hijau baru terbarukan,” ujarnya.

Selain itu, rencana proyek reak­tivasi KA Padang – Padang Panjang – Bukittinggi - Payakumbuh meru­pakan langkah Sumbar untuk meng­hi­dupkan kembali pariwisata Sum­bar terutama ke wilayah Minang Highland. “Kalau ini bisa dikem­bangkan akan lebih baik,” terangnya. Wagub MK pun menawarkan kepa­da Hary Tanoe selaku pengu­saha nomor 9 terkaya di Indonesia untuk berinvestasi di Sumbar.

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

Kegiatan itu juga dihadiri bebe­rapa tokoh di antaranya Buya Ba­gindo Letter, Ketua DHD 45 Sum­bar Zulwadi Dt Bagindo Kali, aka­demisi Syofwan Karim, Ketua DPW Partai Perindo M Tauhid, beberapa kepala SKPD, sejumlah pimpinan media di Sumbar dan lainnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]