33 Pasien Bibir Sumbing Jalani Operasi Gratis


Rabu, 29 April 2015 - 20:05:24 WIB
33 Pasien Bibir Sumbing  Jalani Operasi Gratis

“Alhamdulillah, sebentar lagi saya akan dioperasi. Semo­ga berjalan lancar,” kata Riana sambil terisak. Walaupun me­miliki tubuh yang kurang sempurna namun ia memiliki prestasi sekolah yang mem­banggakan. Setiap penerimaan rapor, gadis yang bersekolah di SMP 3 Geringging ini selalu mendapat rangking di seko­lahnya. “Saya peringkat dua di sekolah,” ujarnya.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

Riana beserta pasien bibir sumbing lainnya mengucap­kan terima kasih atas kepe­dulian pemerintah yang beker­ja sama dengan RS Aisyiah dan tim dokter dari Surabaya. Ia bersyukur atas rahmat Allah SWT atas diselenggarakannya operasi bibir sumbing di Pariaman.

Sementara itu Ketua Tim Dr. Didia mengatakan bahwa CLP Center telah melakukan operasi bibir sumbing seba­nyak 4.500 pasien sejak 15 tahun yang lalu. “Satu hari bisa dua sampai tiga pasien kita operasi,” kata Didia.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Tim CLP Center terdiri dokter bedah, anestesi dan perawat. Untuk di Padang Pariaman, akan dilaksanakan sebanyak 33 orang pasien dari 51 orang yang terdaftar. “Se­moga dapat memberikan ke­hidupan yang lebih baik ke­pada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Ali Mukhni  mengajak pasien bi­bir sumbing untuk bersyu­kur atas rahmat Allah SWT yang tanpa diduga-duga untuk ke­sembuhan terhadap pe­nyakit atau kelainan yang dialami. “Tidak satupun pa­sien yang membayangkan bisa dioperasi, apalagi gratis,” kata bupati yang juga Ketua PMI itu.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Di hadapan tim dokter dari Surabaya tersebut, Ali Mukhni mengekspos kebijakan peme­rintah daerah di bidang kese­hatan yaitu Padang Pariaman Sehat (PPS).  PPS telah dires­mikan oleh Menteri Kesehatan RI dan merupakan program pro rakyat yang pertama kali di Indonesia.

“Padang Pariaman Sehat adalah paradigma baru dalam pelayanan kesehatan hingga ke pintu rumah masyarakat. Selu­ruh bidan desa mengunjungi rumah masyarakat di korong dan nagari untuk menanyakan sekaligus mengobati warga yang sedang sakit. Kalau diperlukan dirujuk ke rumah sakit. Segala biaya ditanggung oleh pemerintah daerah,” kata bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Baca Juga : Diburu Waktu, Wagub Sumbar Perintahkan Dinkes Kejar Target Vaksinasi Lansia

Dijelaskannya bahwa PPS sangat dirasakan manfaatnya masyarakat. Selain itu Dinas kesehatan bisa mendeteksi dini segala macam penyakit yang ada di Padang Pariaman. Penyakit tersebut diupayakan diobati dengan menggunakan dana BPJS, BAZNAS dan donatur lainnya.

Sebagai bentuk kepedulian seorang pemimpin, Ali Mukh­ni mengunjungi warganya da­lam operasi bibir sumbing yang dipusatkan di Rumah Sakit Aisyiah, Pariaman, Senin (27/4). Bupati yang didam­pingi Kadis Kesehatan Aspi­nuddin memberikan semangat kepada pasien yang menunggu giliran utuk naik meja operasi. Terlihat  pasien-pasien terse­but mengucapkan terima kasih atas program untuk kesem­buhan penyakit yang dialami sejak lahir tersebut. “Terima kasih pak bupati,” ujar salah seorang pasien. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]