Tanah Datar Kembali Raih WTP Murni


Rabu, 29 April 2015 - 20:07:28 WIB
Tanah Datar Kembali Raih WTP Murni

Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwa­kilan Sumatera Barat, Betty Ratna Nuraeny menyebut, apa yang dilakukan Pemkab Tanah Datar dalam mengelola keua­ngan, pantas diapresiasi positif. Prestasi ini, sebutnya, harus bisa terus dipertahankan di masa mendatang.

Baca Juga : Antisipasi Curanmor saat Ramadan, Ini Imbauan Polda Sumbar

“Dalam lima tahun belaka­ngan, terjadi peningkatan yang amat berarti terhadap LHP Pemkab Tanah Datar, terma­suk langganan peraih prediket WTP, yakni 2009, 2012, 2013, dan 2014. Untuk 2013 dan 2014 terjadi peningkatan men­jadi WTP Murni,” ujar Betty, Senin (27/4), saat menyerah­kan LHP untuk Pemkab Tanah Datar, di ruangan rapat BPK Perwakilan Sumbar.

Pada kesempatan itu, Bu­pati Tanah Datar M Shadiq Pasadigoe didampingi Ketua DPRD Tanah Datar Zuldafri Darma, Wakil Bupati H. Irdi­nansyah Tarmizi, dan sejumlah pejabat terkait lainnya. Se­mentara dari jajaran BPK terli­hat hadir para pejabat peme­riksa, auditor dan akuntan yang melakukan pemeriksaan atas keuangan Tanah Datar tahun 2014.

Baca Juga : Berkunjung ke Sumbar, Doni Monardo Minta Perantau Lebaran Virtual

Kedisiplinan pengelolaan keuangan daerah selama bera­da di bawah kepemimpinan Bupati Shadiq, menurut Betty, pantas untuk dipujikan dan dipertahankan masa men­datang.

“Pemeriksaan Laporan Keua­ngan Pemerintah Daerah (LKPD) merupakan kewa­jiban BPK sebagaimana diatur UU. Opini yang diberikan BPK ini, berdasarkan atas kesesuaian standar admi­nis­trasi keuangan, kecukupan pengungkapan, keefektifan, dan kepatuhan terhadap keten­tuan yang berlaku, termasuk standar profesional akuntan publik yang digunakan,” tam­bah Betty.

Baca Juga : Pengurus DPD Ikadin Sumbar Dilantik, Siap Lahirkan Hotman Paris dari Minang

Bupati Shadiq pada kesem­patan itu menyampaikan teri­ma kasih yang setulus-tulus­nya, kepada segenap jajaran BPK RI yang telah mem­beri­kan opini WTP untuk LHP 2014, dan laporan-laporan serupa tahun sebelumnya.

“Ini buah dari kerjasama segenap jajaran di lingkungan Pemkab Tanah Datar. Untuk ini, saya ucapkan terima kasih pula kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Datar yang telah bekerja keras untuk meraih opini WTP Murni ini.

Baca Juga : Diburu Waktu, Wagub Sumbar Perintahkan Dinkes Kejar Target Vaksinasi Lansia

Prestasi ini harus tetap kita pertahankan. Secara khusus, pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada BPK RI atas bimbingan yang diberikan selama ini,” tegasnya.

Menurut bupati, opini WTP yang diberikan BPK RI Perwakilan Sumbar terhadap LHP Keuangan Pemkab Ta­nah Datar, juga mampu memo­tivasi daerah-daerah lain untuk mencontoh model penge­lola­an keuangan yang dilakukan Pemkab Tanah Datar. Fakta ini, sebut bupati, terlihat dari banyaknya daerah yang mela­kukan studi banding ke Tanah Datar.

Seiring dengan akan ber­akhirnya masa jabatan Bupati Shadiq di Tanah Datar, Kepala BPK RI Perwakilan Sumbar secara khusus menyampaikan harapan, semoga kepala dae­rah yang nanti melanjutkan kepemimpinan beliau, bisa mempertahankan dan me­ningkatkan pengelolaan keua­ngan daerahya, sehingga LHP tahun-tahun selanjutnya tidak mengalami penurunan. (h/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]