Wako: SKPD akan Kaji Aspirasi Pedagang


Rabu, 29 April 2015 - 20:21:36 WIB
Wako: SKPD akan Kaji Aspirasi Pedagang

Dalam pertemuan itu, pada prinsipnya Mahyeldi setuju untuk memfasilitasi aspirasi mereka. Salah satunya dengan menugaskan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait melakukan pertemuan teknis untuk membahas ke­inginan pedagang.

Rabu (29/4), Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait bersama konsultan mengadakan pertemuan di Kantor Disperindagtamben. Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Pertambangan dan Energi (Dis­perin­dagtam­ben) Kota Padang, Dian Wi­jaya menjelaskan, permintaan pedagang untuk berdagang di lantai satu Pasar Inpres II akan dicarikan titik temu.

Baca Juga : Perumda AM Kota Padang Lakukan Bedah Rumah yang Ketiga

“Mudah-mudahan ada titik temu tanpa mengurangi dan menyalahi aturan tentang pe­m­bangunan pasar itu sendiri,” kata Dian.

Dian mengatakan, untuk memfasilitasi hal itu memang dibutuhkan perhitungan yang konkrit dengan dinas terkait, seperti Dinas Pekerjaan Um­um (PU), Dinas Pasar, Bagian Pembangunan, konsultan, Dis­perindagtamben dan lainnya. Apalagi menurutnya, lantai I Inpres II itu, sesuai rencana peruntukkannya hanya bagi 144 pedagang saja. Sementara pedagang menginginkan 379 pedagang.

“Kalau kita paksakan 379 itu berdagang di lantai I, tentu lahan berdagang menjadi sem­pit. Suasana jual-beli juga tidak nyaman, sempit dan sumpek. Namun, kita akan tinjau ulang dan lihat sisi teknis sebuah pasar yang sehat, nyaman dan bersih,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Pasar, Hendrizal Az­har me­nga­takan, sejak dulu pem­bangunan Pasar Inpres II se­cara formal dan hukumnya sudah ada legalitas. Meski ada keinginan pedagang untuk mengubah bentuk desain, ten­tu­nya mesti merujuk atau mem­­perbaiki desain lama milik pemko dan kemudian akan dikaji untuk bisa di­sesuai­kan dengan desain yang dibuat pedagang.

Setelah pertemuan, tim Pemko Padang serta konsultan dan didampingi para pe­da­gang, meninjau Pasar Inpres II untuk mencocokkan kondisi pasar sesuai dengan desain versi pemko dan versi pe­dagang.

Walikota Mahyeldi, me­ngi­ngin­kan seluruh pedagang Pa­sar Inpres II hadir saat kun­jungan itu, sehingga nantinya dapat dilihat kesesuaian kon­disi di lapangan dengan desain gambar yang ada. (h/vie/rel)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]