Korban Terseret Batang Sianok Ditemukan


Jumat, 01 Mei 2015 - 19:03:53 WIB
Korban Terseret Batang Sianok Ditemukan

“Kami berhasil me­ne­mu­kan jenazah Muhammad Rivai (11), sekitar dua ratus meter dari titik ia sebelumnya di­nya­takan hilang. Jasad kor­ban ditemukan dalam keadaan mengapung dengan posisi teng­­kurap oleh tim dua yang terdiri dari Basarnas dan warga setempat, menjelang Zuhur,” katanya.

Ia menjelaskan, korban terseret air Batang Sianok, te­patnya di Lubuk Ipuah, Jorong Muaro Palintang, Nagari Su­ngai Pua, Palembayan. Ke­adaan jenazah waktu di­temu­kan persisnya tersangkut pada rumpun bambu yang tumbuh pada aliran sungai. Jasad dite­mukan sudah mulai lunak, dan pa­da sebagian tubuh dite­mu­kan luka yang diduga akibat benturan bebatuan sungai.

Baca Juga : Pemkab Pesisir Selatan Usulkan 1.000 Unit Bedah Rumah untuk Masyarakat Miskin

“Kami sangat bersyukur jenazah anak tersebut bisa ditemukan walaupun me­ma­kan waktu.  Usai ditemukan, jenazah dibawa ke Puskesmas Palembayan untuk diotopsi. Selang tidak terlalu lama di puskesmas, jenazah dibawa ke rumah duka di Lubuak Ipuah, Jorong Muaro Palintang, Pa­lembayan,” jelasnya.

Menurut Bambang, diduga korban hanyut, akibat tidak kuat menahan derasnya aliran Batang Sianok ketika hendak menyebrang sungai saat men­cari lokasi memancing yang bagus. Ketika itu ia tidak sendiri melainkan dengan se­jumlah temannya yang lain.

Pada waktu itu, Muham­mad Rival bersama temannya, Riansyah (13), Rovi Febrian (13) dan Rialdi (14) me­man­cing ikan di sebuah pulau di tengah sungai yang biasa dija­dikan warga setempat sebagai tempat memancing. Lalu tiba-tiba datang air besar dari hulu sungai, dua anak itu melompat ke pinggir sungai, namun naas bagi korban, Muhammad Ri­val tereret arus air sungai dan tidak mampu diselamatkan oleh temannya. Begitu juga dengan masyarakat yang me­lakukan pencarian hari itu tidak berhasil menemukan korban. Sejak Senin (27/4) BPBD Agam mengirim Tim Reaksi Cepat membantu pen­carian korban dengan mene­lusuri aliran sungai tersebut hingga akhirnya ditemukan.

“BPBD Agam sangat me­ngapresiasi pihak-pihak yang terlibat dalam pencarian ini. Kami juga mengimbau agar masyarakat meningkatkan ke­was­padaan saat cuaca bu­ruk,” ungkapnya Bambang. (h/yat/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]