20 Tahun Hilang, Selaju Sampan Dihidupkan Kembali


Jumat, 01 Mei 2015 - 19:15:05 WIB
20 Tahun Hilang, Selaju Sampan Dihidupkan Kembali

“Kegiatan tersebut banyak melibatkan beberapa pihak dalam pelaksanaan, maka kita perlu membentuk panitia khusus guna memudahkan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti PT Pelindo, Pol Air, TNI serta Dis­hub,” ujarnya usai rapat koor­dinasi panitia selaju sampan di Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kamis ((30/4).

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Seperti diketahui, Sungai Batang Arau, Muaro, saat seka­rang berfungsi sebagai Pelabuhan Marina. Banyak kapal-kapal kecil antar pulau dan kapal nelayan yang bersandar di sana, sehingga perlu pengalihan sementara bagi kapal yang bersandar agar tidak mengganggu kegiatan lomba selaju sampan nantinya.

“Makanya, kita ber­koor­dinasi terutama dengan pemegang oto­ritas pelabuhan. Kita harapkan, dua pekan sebelum pelaksanaan lomba, lokasi dari pos Polair hingga Jembatan Siti Nurbaya yang menjadi lintasan lomba nanti sudah bebas dari kapal yang bersandar,” ujar Lylidd.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

Rencananya, pembukaan FSN V dilakukan oleh Menteri Pariwisata, Arif Yahya, sekaligus membuka secara resmi lomba selaju sampan. Rangkaian pem­bukaan juga akan dimeriahkan dengan pawai budaya yang ditam­pilkan oleh kontingen dari 11 kecamatan di Kota Padang, serta penampilan grup kesenian asal Jepang, Ai-Matsuri.

“Berbeda dengan tahun sebe­lumnya, FSN V mengambil lo­kasi di bawah Jembatan Siti Nurbaya. Selain untuk me­nguat­kan kesan dari tokoh legen­da dari Kota Padang, sekaligus kita mem­perlihatkan sisi lain dari Kota Padang, yaitu kawasan Kota Tua yang pernah menjadi saksi sejarah di kota terbesar di pantai barat Indonesia ini,” jelasnya.

Adapun tradisi kebudayaan lain yang akan dilombakan dalam FSN V, yaitu festival kuliner yang akan melombakan manggiliang ladomangkua karambia (me­marut kelapa), malamang (me­masak lemang) dan meracik jus pinang.

Kemudian, lomba Tari Pa­sambahan, lomba Tarompa Tampurung (memakai sandal dari batok kelapa), lomba Baju Kuruang Basiba, lomba Gamad, lomba Randai, lomba nyanyi Minang dan lomba foto. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]