Disdikbud Riau Pacu Peningkatan Kualitas SDM


Ahad, 03 Mei 2015 - 18:08:56 WIB

Dikatakan Kadisdikbud Riau, bahwa saat ini banyak guru yang masih mengeluhkan belum bisa memenuhi jam mengajar. Padahal mereka sudah disertifikasi, hal ini sesuai dengan ketetapan bah­wa mereka harus mengisi jam mengajar sebanyak 24 jam dalam seminggu. Sementara saat ini rasio guru dan siswa masih belum sesuai, yakni 1 : 20. Padahal idealnya, seorang guru harus bisa menangani 30-36 orang siswa.

“Ini artinya kan masih berlebih, jumlah guru masih berlebih diban­dingkan dengan jumlah siswa. Agar ini bisa sesuai dengan peraturan dan tunjangan sertfikasi mereka tidak dikurangi, maka kita akan me­ningkatkan jumlah siswa disekolah,”ujar Kamsol.

Tidak itu saja, lanjut Kam­sol, rasio atau jumlah sekolah juga berlebih dibandingkan jumlah siswa yang ada. Untuk itu, perlu dilakukan pening­katkan jumlah siswa, salah satunya dengan keberadaan sekolah khusus. Tujuannya untuk dibentuk kelompok belajar dimasing-masing dae­rah yang membutuh­kan,”­je­lasnya.

Begitupula halnya, tam­bahnya dengan masih me­numpuknya guru diperkotaan sedangkan dipelosok atau dae­rah terpencil masih minim dengan tenaga guru. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya pemerataan dalam pe­ning­katan kapasitas se­kolah.

Karena kalau kapasitas sekolah tersebut meningkat, tentu jumlah guru yang ber­lebih akan berkurang. Sehingga produksi juga baik dan peng­hasilan juga bertambah, se­hingga sejalan kualitas dan kre­dibilitas yang dihasilkan. Jadi dengan momentum ini, diharapkan bisa sesuai dengan tema yang ada. “Jadi diha­rapkan manusianya cer­das, pintar, sehat dan berakhlak sesuai dengan tujuan pen­didikan. Serta peningkatan kebudayaan se­suai dengan kebudayaan melayu dan karak­ter pancasila,”harap Kamsol.

Dalam peringatan Har­diknas ini juga, Plt Gubernur Riau Arsya­djuliandi Rahman juga mengharapkan dalam momentum Hardiknas ini masyarakat bisa meningkatkan kepedulian terhadap mutu pendidikan. Dengan dimulai dari pendataan Data Pokok Pen­didikan (Dapodik) yang akurat, sebagai sumber data utama pen­didikan dalam me­wujudkan Indo­nesia yang cer­das dan kompetitif.

“Dapodik sangat dibu­tuh­kan dalam menyusun ber­bagai program kerja dibi­dang pendi­dikan. Agar bisa tepat sasaran, cepat, lengkap, valid, akun­tabel dan terus up to date,”ujarnya.

Adapun peningkatan kepe­dulian mutu pendidikan ter­sebut, tentunya dimulai dari diri sendiri, tujuannya untuk mencapai suatu perubahan menuju kearah yang lebih baik. Sehingga bisa menjadikan ma­syarakat yang pintar dan bermar­tabat, yang membawa kemakmuran bang­sa,”pa­parnya. (hr)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]