Agam dan Bukittinggi Raih Penghargaan Pendidikan


Ahad, 03 Mei 2015 - 18:17:02 WIB
Agam dan Bukittinggi Raih Penghargaan Pendidikan

Bukittinggi berhasil me­ng­ung­guli Payakumbuh di posisi dua dan Padang di posisi tiga. Penghargaan di bidang pen­didikan tersebut  diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumbar, Muslim  Kasim kepada Wali­kota Ismet Amzis, pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5) di Padang.

Selain sebagai kota terbaik, SMAN 1 Bukittinggi juga ber­hasil menjadi  sekolah mene­ngah atas terbaik di Sumbar. Disusul oleh SMAN 1 Padang dan SMAN 1 Padang Panjang. Penghargaan ini diberikan atas dasar jumlah siswa yang dite­rima di perguruan tinggi negeri atau swasta, baik di dalam  maupun luar negeri.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Pada upaca tersebut juga diumumkan pemenang lomba Olimpiade Sains Provinsi (OSP)­ tingkat SMA Provinsi Sumatera Barat tahun 2015. Dan SMA Bukittinggi kembali berhasil merebut empat kate­gori, diantaranya bidang studi geografi atas nama Satrio Wah­yudi dari SMAN3, bidang studi komputer atas nama Ridho Pratama dari SMAN 1 Unggul dan bidang studi Astromi Andi Triyandi dari SMAN 3. Kemu­dian juara I olimpiade karya ilmiah SMALB/Inklusif atas nama M. Iqbal.

Walikota Bukittinggi Ismet Amzis menyebutkan, peng­hargaan yang diraih Bukitinggi kali ini merupakan buah dari kerja keras semua pihak, baik itu pemerintah, sekolah, guru, siswa, orang tua dan masyarakat secara keseluruhan.

“Dengan keberhasilan ini  kita tidak boleh berpuas diri untuk tetap melakukan yang terbaik untuk sektor pendi­dikan. Karena ini merupakan keberhasilan kita bersama.  Sektor pendidikan masih mem­butuhkan kerja keras, inovasi dan dukungan dari seluruh stakeholder agar  generasi mu­da yang berkualitas dan berdaya saing tinggi lahir di Kota Bukit­tinggi ini,” ujarnya.

Ismet yakin bahwa sektor pendidikan dapat menjadi pe­nen­tu kemajuan suatu daerah. Hal ini dibuktikannya dengan pengaanggaran untuk sektor penididikan di APBD tahun anggaran 2015 yang mencapai angka 38 persen.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri juga memperoleh penghargaan yang sama. Selain kepada Bupati Agam, peng­hargaan yang sama juga diberi­kan kepada Kabupaten Tanah Datar dan  Kabupaten Solok.

Di sisi lain, siswa Ranggo Pato dari SMAN Agam Cen­dekia juga memperoleh peng­hargaan pemenamg II olim­piade sains untuk bidang studi Fisika, kemudian M Ilham Al-Haj dari SMAN I Ampek Ang­kek  pemenang I untuk bidang studi Geografi dan  M Faris Irfin asal SMAN Agam Cende­kia pemenang I bidang studi ekonomi.

Menurut Indra Catri keber­hasilan Agam mengelola pendi­dikan tidak hanya ditandai dengan prestasi siswa dalam berbagai lomba dan angka kelulusam tetapi Agam me­nem­pati peringkat kedua di Sumbar tahun 2014 berda­sarkan  siswa yang diterima pada perguruan tinggi.

Atas keberhasilan ini bupati menyampaikan apresiasi kepa­da berbagai pihak yang mem­berikan kontribusi terhadap penyelenggaran pendidikan di Agam.

Wakil Gubernur Muslim Kasim  dalam kesempatan itu menyampaikan  apresiasi atas keberhasilan Bukittinggi dan Agam meraih prestasi menjadi kota dan kabupaten pengelola pendidikan terbaik di Sumbar.

Menurutnya keberhasilan ini tidak terlepas dari komit­men pemerintah, sekolah dan masyarakat dalam memajukan  sektor pendidikan.

“Khusus keberhasilan Bu­kit­tinggi dalam mengelola pen­didikan harus menjadi con­toh bagi kabupaten/kota  lainnya di Sumbar. Karena seperti kita ketahui bahwa sektor yang satu ini sangat menentukan kualitas sumber daya manusia.  Sehingga butuh keseriusan pemeritah dan du­kungan dari seluruh masya­rakat,” ujarnya. (h/tot/ks)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]