Jangan Percaya Kunci Jawaban


Ahad, 03 Mei 2015 - 18:17:43 WIB
Jangan Percaya Kunci Jawaban

”Tidak akan terjadi ke­bocoran soal, saya bisa ja­min itu. Yang ada kemarin hanya permainan beberapa oknum yang tentunya me­rugikan sis­wa,” terangnya.

Baca Juga : Angka Kematian Karena Virus Corona di Sumbar Bertambah, Total 901 Kasus

Symsulrizal berharap agar siswa yang mengikuti UN nantinya tidak mudah ter­makan rayuan kunci jawaban dan contekan-contekan. Hal ini nantinya hanya akan me­rugikan siswa yang ber­sang­kutan.

“Yakin lah dengan diri sendiri, berdoa dan minta restu kedua orang tua. Tentunya akan memudahkan dalam men­­jawab soal-soal yang dibe­rikan,” tandasnya.

Baca Juga : Pasien Covid-19 yang Dinyatakan Sembuh di Sumbar Bertambah 242 Orang, Total 37.002 Kasus

Hal senada juga diung­kapkan Wakil Gubernur Sum­bar Muslim Kasim. Ia me­ngatakan, bagi siswa yang akan UN hari ini diharapkan per­caya dengan kemampuan sen­diri tanpa memercayai kunci jawaban yang beredar.

“Ujian lah dengan tenang, penuh konsentrasi dan satu hal jangan percaya dengan con­tekan. Karena kalau ada kunci jawaban yang beredar itu palsu dan akan merugikan,” tegas­nya.

Sebeleumnya, sebanyak 5.732 koli naskah soal Ujian Nasional (UN) untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat di kabuaten/kota telah didistribusikan pada Jumat (1/5) untuk Kota dan pada Sabtu (2/5) untuk pen­distribusian naskah soal UN kabupaten.

Pendistribusian naskah soal UN dimulai pada pagi hari dengan dijaga ketat oleh aparat kepolisian dengan persenjataan lengkap dari percetakan ke seluruh kota yang ada di Sum­bar. Personil kepolisian yang disiagakan untuk me­nga­man­kan pendistribusian masing-masing satu orang setiap mobil yang dibe­rangkatkan.

Ketua Panitia UN Sumbar Bustavidia ditemui kemarin mengatakan, naskah soal ting­kat SMP yang didistribusikan untuk seluruh kabupaten/kota di Sumbar ada sebanyak 5.732 koli. Pendistribusaian ini sengaja kita lakukan dengan bertahap. Untuk pen­dis­tri­busian Kota satu hari, dan kabupaten satu hari.

Ia menjelaskan, pen­distri­busian naskah soal dida­hulu­kan untuk kota yang ada di Sumbar. Sementara ke kabu­paten akan didistribusikan pada hari Sabtunya. Khusus untuk kabupaten Kepulauan Mentawai sudah didis­tribu­sikan tanggal 26 April lalu.

Data dari Dinas Pen­didi­kan dan Kebudayaan Sumbar selain peserta UN siswa SMP dan sederajat di Sumbar yang berjumlah 91.669 orang ada juga peserta paket B berjumlah 2.786 orang. Ujian untuk peserta paket B dilaksanakan selama tiga dari Senin hingga Rabu.  (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]