Minangkabau Festival 2015 Ditutup


Ahad, 03 Mei 2015 - 18:26:03 WIB
Minangkabau Festival 2015 Ditutup

Ketua De­kra­na­s­da Sumbar, Ny. Nevi Irwan Prayitno me­nga­takan, kegiatan ini ditujukan sebagai pelestarian bu­da­ya dan sekaligus menjadi ispirasi bagi generasi muda Sumbar ke depan. Me­lalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar me­ngan­deng Dewan Kerajinan Nasional Daerah Sumbar, be­rusaha mempromosi dan me­les­tarikan kebudayaan me­malui ajang tersebut.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

“Kita beraharap, ivent ini mampu mengairahkan se­ma­ng­at pelaku usaha, mulai dari industri tenun, songket dan bordir, agar memicu para de­sainer untuk berimprovisasi mengembangkan industri fashion sesuai per­kem­bangan za­man,” ujar Nevi saat pegelaran tersebut.

Dilanjutkannya, berbagai kegiatan yang ditampilkan, seperti festival bendi hias, lomba young design copetition atau ajang kompetisi bagi generasi muda calon disainer. Kegiatan ini ditujukan untuk mengapresiasi dan memacu semangat generasi muda.

Baca Juga : Hendri Septa: Masyarakat Langgar Prokes Akan Ditindak Tegas

Perlombaan lain, kata Ne­vi, peragaan busana etnik da­e­rah, lomba busana pengantin Minangkabau, lomba souvenir Sumbar, lomba kreasi Randai, dealog tentang busana, pe­ragaan busana nasional dan Sumbar, pameran kerajinan. “Semuanya dipadu menjadi satu dalam Minangkabau Festival demi kelastarian budaya,” katanya.

Dengan mengikutkan ka­langan pelajar diberbagai ke­giatan lomba, jelas Nevi, untuk memberikan motifasi untuk bangga dan berupaya mengem­bang­kan industri mode me­lalui kekhasan budaya Sumbar.

“Tujuan akhirnya tentu, agar terbentuk kota-kota kre­atif pada masa yang akan da­tang, ini jelas bisa mengangkat perekonomian Sumbar ke de­pan,” paparnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, melalui ajang tersebut diharapkan memberi ruang bagi kreator dan desainer untuk berekpresi di masa akan datang. “Saat ini, kendaraan tradisional mulai terlupakan. Padahal, ini sangat menarik untuk menjadi ciri khas dan sebagai daya tarik. Diharapkan dari ajang ini, akan membuat generasi muda Sumbar semakin kreatif lagi,” tutupnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]