Sawahlunto Sudah Surplus Beras


Senin, 04 Mei 2015 - 18:52:43 WIB
Sawahlunto Sudah Surplus Beras

“Untuk beras, Sawahlunto terbilang sudah surplus atau melebihi dari kebutuhan warga kota,” ungkap Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Sawahlunto, Heni Purwa­ningsih kepada Haluan, Minggu (3/5).

Baca Juga : Menara Masjid Raya Sumbar jadi Daya Tarik Baru Wisatawan

Dengan kisaran jumlah penduduk kota 65 ribu jiwa tersebut, diperkirakan dengan konsumsi 99,61 kilogram per tahun, kebutuhan beras warga kota Sawahlunto mencapai 6.507 ton setahun.

Sementara produksi gabah kering giling yang dihasilkan dari 1.680 hektar sawahlunto mencapai 15.200 ton. Angka produksi gabah kering giling itu dengan rendemen 60 hingga 63 persen menjadi beras mencapai 9.893 ton.

Baca Juga : Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Lebaran, Nagari Sinuruik Pasaman Barat Dirikan Posko dan PPKM Mikro

Dengan demikian, produksi beras petani berbanding dengan kebutuhan beras masyarakat Sawahlunto masih menyisahkan 3.386 ton beras, yang kemudian mengalir ke pasar Sawahlunto atau pun daerah tetangga.

Untuk meningkatkan sur­plus beras tersebut, pemerintah dalam APBD Kota Sawahlunto 2015 terus melakukan beragam upaya, mulai dari bantuan traktor, bantuan pupuk, paralon, pembangunan jalan sentra pertanian, serta bantuan bibit benih.

Tidak hanya itu, bantuan juga mengalir dari alokasi anggaran pemerintah pusat, yakni bantuan benih bersertifikat, optimalisasi lahan melalui bantuan pupuk dan pengolahan tanah, jaringan irigasi, serta bantuan handtraktor.

“Kita akan terus berusaha dengan lahan yang ada, mampu menghasilkan target produksi padi, dalam mendukung program swasembada pangan nasional,” ungkap wanita yang pernah menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Sawahlunto itu.(h/dil)


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]