Tugas Utama Bupati Baru


Senin, 04 Mei 2015 - 19:02:59 WIB
Tugas Utama Bupati Baru

“Kita sudah berupaya menyosialisasikan perizinan kegiatan penambangan kepada rombongan penambang bahan galian golongan C, namun para penambang rakyat itu, belum menggubrisnya, sehingga bagi mereka yang menambang yang tidak mempunyai izin usaha penambangan atau ilegal, “ungkap Kadis Kehutanan dan Pertambangan Limapuluh Kota, Khalit beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Pemnag Gunung Medan Klarifikasi Terkait Minta THR ke Pengusaha

Artinya bagi penambang yang tidak mempunyai izin usaha penambangan, sebetulnya tidak ditolerir. Seharusnya tambang ilegal yang ada ditertibkan pihak aparat yang berkompeten, sehingga tambang ilegal itu, tidak sampai merusak lingkungan di Kabupaten Limapuluh Kota, ujarnya.

Waspadai  Broker

Baca Juga : Door to Door, Karang Taruna TPL Padang Panjang Bagikan Takjil

Sementara itu, Letkol Drs. H. Hikmat C.Israr,MM yang dihubungi di Payakumbuh, Senin kemarin yang mampir ke kantor Haluan menyatakan, sebetulnya Kabupaten Limapuluh Kota, kaya dengan sumber daya alam, utamanya tambang batu bara, timah hitam, batu kapur, batu gunung dan sirtu lainnya.

Namun, ditenggarai belum maksimal menyo­sialisasikannya dan mengundang investor yang benar benar sebagai pelaku usaha pertambangan (bukan broker red). Sehingga potensi yang ada bisa digarap maksimal, lagipula, sebagian daerah pertambangan itu belum tersentuh oleh perkembangan teknologi.  “Bayangkan puluhan pengu­saha sudah punya IUP (Izin Usaha Pertambangan) berdasarkan informasi yang diperoleh. Namun mayoritas usaha tersebut non aktif, alias tidak berproduksi, bagaimana kita meraih ro­yaltinya untuk PAD,”ulas putra pendiri Kota Payakumbuh ini yang berasal dari blok M, Nagari VII Koto Talago mempertanyakan.

Dikatakan, potensi tambang batubara dan timah hitam, juga tertera cukup besar dan wialayah caku­pannya cukup luas yang terdapat di daerah ini. Namun diduga belum dikelola maksimal oleh investor, sehingga belum mampu berproduksi. “Upaya itu seharusnya menjadi PR bagi Bupati Limapuluh Kota yang baru nanti, sehingga daerah ini mampu mening­katkan PAD dari sektor pertambangan,”ungkapnya. (h/zkf)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]