Evaluasi Kemendagri Pengaruhi Serapan Anggaran Sumbar


Senin, 04 Mei 2015 - 19:16:27 WIB
Evaluasi Kemendagri Pengaruhi Serapan Anggaran Sumbar

Dilanjutkannya, secara prin­sip pihaknya telah me­lakukan semua tahapan yang seharusnya dilakukan. Meng­ingat ini baru awal pengang­garan, tahapan yang dilakukan baru sampai tahap peren­ca­naan.

Baca Juga : Waspada, Ditemukan Rhodamin B di Cendol Delima Pasar Bandar Buat Padang

“Untuk realisasi pada tri­wu­lan I ini bisa dikatakan melebihi target. Seperti reali­sasi fisik yang ditargetkan 15 persen pada kondisi Maret terealisasi 20 persen,” terang­nya.

Sementara untuk serapan anggaran triwulan I kata M Yani, juga mencapai target di angka 15 persen. “Ini secara prinsip juga sudah tercapai, tapi itu tadi evaluasi Kemendagri juga cukup mempengaruhi,” tandasnya.

Baca Juga : Di Tengah Guyuran Hujan, Wako Hendri Septa Jemput Keluarga Penerima Bedah Rumah

Untuk serapan Anggaran Pen­dapatan dan Belanja Negara (APBN) hingga saat ini belum bisa dipastikan. Kondisi ini disebabkan adanya perubahan nomenklatur beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sehingga Dipa-nya belum bisa dicairkan.

“Ada lima SKPD yang menga­lami perubahan nomenklatur, seper­ti Dinas Kehutanan, Badan Pem­berdayaan Masyarakat (BPM), Di­nas Tenaga Kerja dan Trans­migrasi (Disnakertrans), Dinas Energi Sum­ber Daya Alam dan Mineral (ESDM) dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan,” terangnya.

Belum dicairkannya Dipa untuk lima SKPD ini kata M Yani, belum terbentuknya Dirjen yang nantinya akan membawahi SKPD tersebut. “Misalnya saja BPM yang saat ini berada di bawah Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal. Dirjennya belum terbentuk,” jelasnya.

Sementara untuk proyek stra­tegis yang sedang dilakukan, jelas M Yani yaitu, proyek terowongan Balingka – Sianok, Duku – BIM, Duku - Sicincin, Pengembangan Pulau Mandeh, Wingrip pantai lintas barat, jembatan, Main Sta­dium, Masjid Raya Sumbar, Asrama Haji, Islamic Center, dan jembatan Sungai Dareh.

“Proyek ini sudah dikerjakan sejak dua tahun lalu, jadi saat ini yang kita lakukan melanjutkan proyek. Untuk triwulan II kita akan menjad­wal ulang bersama SKPD untuk pencapaian dan realisasi,” terangnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]