Psikiater Disiapkan untuk Cegah PNS Bercerai


Selasa, 05 Mei 2015 - 18:19:38 WIB
Psikiater Disiapkan untuk Cegah PNS Bercerai

“Salah satunya menyediakan konsultan kejiwaan.

Melihat angka kawin cerai di Pessel akhir-akhir ini sudah sangat perlu adanya pendampingan kepada mereka yang sedang dihadapi masalah keluarga,” katanya.

Baca Juga : Denda Tak Patuh Prokes di Sumbar Capai Puluhan Juta Rupiah, Untuk Apa Ya?

Menurutnya, kehadiran konsultan kejiwaan tidak hanya untuk mendampingi mereka yang sedang bermasalah, namun bisa juga untuk mencega timbulnya gejala perceraian PNS.

“Setiap individu itu memiliki karakter berbeda. Ada yang mau membicarakan soal rumah tangga pada seseorang adapula yang tidak. Disitulah peran konsultan kejiwaan,” katanya.

Selain akan mendatangkan psikiater, guna menekan angka kawin cerai, pemerintah setempat juga akan menggelar pengajian rutin dengan tema seputar perceraian.

“Materinya harus terpusat dan terstruktur,” katanya.

Semenjak ia dilantik menjadi Sekda Pessel, terdapat hampir ratusan PNS yang berkeinginan cerai.

“Para PNS jangan gegabah untuk mengajukan perceraian. Ingatlah anak-anak yang ditinggalkan,” katanya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun Haluan, dalam rentang waktu 2009 - 2011, guru atau para pendidik menjadi pemuncak kasus kawin cerai, tercatat lebih 1.000 orang guru tersangkut kasus kawin cerai.

Sementara Bupati Nasrul Abit menduga, kasus kawin cerai yang terjadi pada PNS terutama guru disebabkan soal penghasilan guru yang semakin besar dibandingkan PNS lainnya. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]