1.447 RTS Belum Terdaftar Jadi Penerima PSKS


Selasa, 05 Mei 2015 - 18:22:26 WIB
1.447 RTS Belum Terdaftar Jadi Penerima PSKS

Menurutnya, untuk membantu mela­kukan validitas data penerima bantuan PSKS Dinsonakertran Kabupaten Agam juga mengerahkan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebanyak 16 orang.  Di dalam TKSK turut di­ikut­sertakan wali jorong yang ada di Kabupaten Agam.

Baca Juga : Wagub Sumbar Bakal Perjuangkan Normalisasi Sungai Batang Sumani ke Pusat

“Kurang tepatnya penerima PSKS bisa saja terjadi apabila tidak diverifikasi lagi, pemerintah melalui Kementerian So­sial  sudah menginstruksikan mendata ulang, sehingga penerima bantuan tersebut benar-benar orang yang berhak,” ung­kapnya.

Selain itu pihaknya juga menemukan, sekitar 700 Rumah Tangga Sasaran (RTS) sudah tidak cocok lagi menjadi penerima bantuan Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS).

Baca Juga : Berprestasi, 31 Personel Polres Dharmasraya Dianugerahi Penghargaan

Data RTS yang ada sekarang juga merupakan bagian dari hasil Pendataan Program Perlindungan Sosial (PPLS) pada 2011 dengan jumlah 7.237 RTS. Setelah diverifikasi ulang sekitar 723 RTS sudah tidak lagi memenuhi kategori penerima bantuan PSKS.

Ia menjelaskan, 700 RTS tersebut dapat dikategorikan tidak layak, karena sebagian besar perekonomian dari mereka sudah cukup baik. Sementara sisanya ada yang sudah tidak lagi berdomisili di Kabupaten Agam. Data tersebut bakal ditindaklanjuti hingga ke pusat, sehingga nantinya pe­nerima adalah orang yang dinilai sangat membutuhkan.

“Data ini merupakan dasar untuk mengajukan perubahan penerima PSKS selanjutnya,” jelasnya. (h/yat)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]