Renah Indojati Terus Diperjuangkan


Rabu, 06 Mei 2015 - 19:19:26 WIB
Renah Indojati Terus Diperjuangkan

Ditambahkannya, apabila dinilai bisa menjadi kabupaten sendiri barulah dinobatkan dan diresmikan sebagai ka­bupaten baru. “Kita memang ha­rus bersabar untuk pem­bahasan pemekaran Renah Indojati ini,” tandasnya.

Baca Juga : Di Depan Doni Monardo, Gubernur Rekomendasikan Pinago sebagai Penahan Abrasi

Bupati Pesisir Selatan Nasrul Abit mengatakan, per­syaratan pemekaran Renah Indojati telah dilengkapi. Ter­hentinya rencana pemekaran ini karena salah satu undang-un­dang (UU), namun kini sudah kem­bali dibahas di pusat.

“Kalau tidak ada halangan ke­marin, seharusnya ini sudah terealisasi sejak September tahun 2014 lalu,” ujar Nasrul Abit. Meski demikian, Nasrul Abit tetap optimis untuk mela­kukan pemekaran kabupaten tersebut. Untuk pemekaran tersebut membutuhkan tenaga dan per­juangan yang keras. Pemkab bersama pemprov tengah mengupayakan harapan masyarakat.

Baca Juga : Ini Besaran Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 2021 di Padang

“Juli tahun ini akan dibuka kembali pembahasan tentang pe­mekaran ka­bupaten. Pe­mekaran kabupaten ini bu­kanlah hal yang mudah seperti me­m­balikkan telapak tangan, harus menunggu dan ber­sa­bar,” terangnya.

Salah seorang tokoh ma­syarakat Pessel Sarianto hingga saat ini masih memper­ta­nya­kan rencana pemerintah untuk me­lakukan pemekaran ka­wa­san Renah Indojati menjadi satu Kabupaten di Sumbar. Menurutnya, hingga saat ini belum adanya titik terang dan kejelasan dalam pemekaran ini.

Baca Juga : Alhamdulillah, Perumda AM Padang Gratiskan Air Masjid dan Musala Selama Ramadan

“Meminta kepada pe­me­rintah Ka­bupaten Pesisir Se­latan dan Pemprov Sumbar untuk memberikan kejelasan tentang pemekaran ini,” paparnya.

Dilanjutkannya, selain pe­mekaran Renah Indojati, ma­salah listrik, pen­didikan serta persoalan tapal batas antara Provinsi Sumbar dengan Beng­kulu saat ini masih juga belum ditandatangani oleh Mendagri.

Baca Juga : Hendri Septa Dengarkan Pandangan Fraksi DPRD Tentang LKPJ Wali Kota Padang Tahun 2020

Terkait kendala pene­ra­ngan ma­sya­rakat yang masih belum ada ditanggapi Nasrul Abit, Pemkab telah mendata untuk segera dipasangi listrik. “Kita sudah melakukan pen­da­taan, dari pen­dataan tersebut, me­mang masih ada 43 kam­pung yang belum memiliki pene­rangan. Kendala itu akan kami tun­taskan pada tahun 2016 nanti,” ujarnya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]