22 Warga RRC Dicokok Imigrasi


Rabu, 06 Mei 2015 - 19:25:48 WIB
22 Warga RRC Dicokok Imigrasi

“Berdasarkan intruksi dari pusat tersebut, kita lansung turun dan melacak keberadaan orang asing yang mencurigakan di Kota Batam ini. Nah, saat pengembangan infor­masi dan penyidikan dilapangan, kita dapatkan dan temukan 22 orang warga asing asal negara Cina Tiong­kok yang keberadaannya tidak se­suai dengan izin serta dokumen yang dimiliki,” kata Rafli.

Baca Juga : Pantai Salido Pesisir Selatan jadi Favorit Anak Muda

Menurut Rafli lagi, penangkapan ini bermula dari laporan warga terkait adanya warga asing tersebut. “Selain itu, sejak Senin (3/5) lalu dari Direktorat Jendral Keimigrasian juga menginstruksikan operasi pe­ner­tiban dokumen WNA, makanya kami lakukan penggerebakan,” tutur Rafli.

Saat digrebek, para WNA itu mencoba menyuap petugas Imigrasi dengan sejumlah uang. Namun petugas tetap membawa mereka ke kantor Imigrasi. “Untuk sementara mereka kami tahan karena berma­salah dengan dokumen keimi­gra­sian, ada yang baru pertama datang Batam ada yang sudah berulang-ulang,” kata Rafli.

Baca Juga : Tempat Wisata Ditutup, Warga Padati Taman Kota Siak

Namun tak menuntut kemung­kinan, para WNA yang diamankan ini terlibat kasus kriminal, sehingga setelah melakukan penyelidikan terkait dokumen imigrasi, pihak imigrasi akan berkoordinasi dengan kepolisian. “Yang kami takutkan, bisa jadi mereka komplotan pelaku kriminal. Karena beberapa waktu lalu, kami juga mendapati WNA yang membobol ATM, judi Online dan lainnya,” kata Rafli.

22 WNA itu diduga melanggar pasal 71 UU No.6 tahun 2011 tentang keimigrasian dengan sanksi yang tertera pada pasal 75 dengan memberikan tindakan administrasi dan tindakan pendeportasian. (hk/net)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]