Sikucur Butuh Pembangunan USB


Kamis, 07 Mei 2015 - 19:27:46 WIB
Sikucur Butuh Pembangunan USB

Sedangkan anak anak yang berada di nagari Sikucur memiliki jarak yang cukup jauh ke SMA nagari Campago, sehingga anak putus sekolah pada Nagari Sikucur ini cukup tinggi.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Disamping itu, setiap tahun penerimaan siswa di SMAN 1 Kampung Dalam juga kelebihan siswa. “Tahun lalu hampir 100 orang tamatan SMP yang tidak tertampung di sekolah ini,” aku Afrizal.

Maka untuk mengatisifasi agar tidak terjadi seperti tahun lalu Afrizal sangat mendukung pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) di Nagari Sikucur ini. “Kalau perlu sebelum USB berdiri, tahun ini kita telah mulai penerimaan siswa baru yang tim pengajarnya digendong dari SMAN 1 Kampung Dalam,” katanya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Mendapat dukungan dari kepala SMAN 1 Kampung Dalam ini, Walinagari Sikucur Alizar secara spontan menyatakan siap untuk menyediakan lahan untuk pembangunan itu USB baru tersebut. “Kami telah menyediakan tiga lokasi USB tersebut,” katanya. Sementara itu untuk penerimaan siswa baru tahun ajaran 2015 ini, juga sangat direspon oleh masyarakat Nagari Sikucur. Untuk bangunan sementara sebanyak tiga lokalpun telah disediakan oleh warga.

Walinagari Sikucur, Alizar pada Haluan menyampaikan, bahwa pembangunan SMA di Sikucur memang  harus segera dilakukan, karena jauhnya jarak tempuh masyarakat ke SMA 1 Kapmung Dalam yang terletak di nagari Campago. “Jarak tempuh siswa dari nagari Sikucur  SMAN 1 Kampung Dalam sekitar lk.15 KM,” jelasnya.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Dijelaskan tiga lokasi tanah untuk USB yang disediakan oleh masyarakat ini teletak pada tempat yang sangat mudah diakses oleh sekolah sekolah pendukung. Baik itu SMP pendukung dari Ke­camatan V Koto Kampung Dalam juga dekat dengan SMP yang ada di Kecmaatan V Koto Timur.

Sekolah pendukung itu diantaranya, SMPN 2 kampung Dalam, SMPN 3 Kampung Dalam, SMPN 2 V Koto Timur dan MTsN V Koto Timur. “Jarak ke-4 sekolah pendukung ini dengan lokasi USB yang disediakan hanya lk.5 KM,” ujar Alizar. Lokasi tanah yang disediakan tersebut berada pada jalan Ka­bupaten yang ada di Kotohilalang Nagari Sikucur. Daerah ini juga dekat diakses dari Koto Bangko Kecamatan Sungai Geringging. (h/ded)

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]