Pemerintah Beri Tenggat Sampai Juni


Kamis, 07 Mei 2015 - 19:51:22 WIB
Pemerintah Beri Tenggat Sampai Juni

“Kita diberi kewenangan oleh Pusat untuk melakukan pemetaan dan pendataan ten­tang terhadap kelengkapan admnistrasi dan perizinan perusaan pertambangaan ter­sebut,” terangnya.

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Dikatakannya, untuk pe­nuntasan masalah clean and clearpemerintah memberikan tenggat waktu enam bulan semenjak keputusan ini di­keluarkan.

“Keputusan ini keluar dari Januari lalu, jadi diperkiarakan Juni mendatang sudah harus selesai. Kalau tidak kita dari provinsii akan me­ngem­ba­likan kepada pemerintah pu­sat. Dan semua keputusan teragntung pusat apakah akan dicabut izin­nya atau di­apa­kan,” terangnya.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

Semenatar untuk di Sum­bar kata Marzuki Mahdi masih ada sekitar 30 persen atau  48 perusahaan yang bermasalah dengan clean and clear, dari 158 izin yang terdata. Ter­utama untuk perusahaan per­tam­bangan yang berada di Solok Selatan dan Dhar­mas­raya. “Untuk kondisi kita di Sumbar terkait dengan clean and clear ini lebih kepada permasalahan penentuan koor­dinat. Apa yang ada di peta ternyata tidak sesuai dengan yang ada di lapangan,” jelasnya.

Untuk evaluasi kata Mar­zuki, dilakukan oleh yang memberikan izin, dimana saat ini izin tersebut masih berada di kabupaten/kota. “Kita di­provinsi tetap melakukan kor­dinasi dengan melakukan pe­ninjauan bersama dengan ka­bupaten untuk penerbitan izin,” ujarnya.

Dengan diberlakukannya Undang-Undang (UU) No­mor 23 Tahuan 2014 tentang pemerintahan daerah diakui Marzuki cukup membuat pi­haknya kewalahan. Dise­bab­kan izin pertambangan yang sebelumnya berada di ka-bupaten/kota sekarang sudah beralih ke provinsi.

“Biasanya setiap ka­bu­paten menerima 5 izin dalam satu hari. Ketika di provinsi harus menerima 5 izin dikali 19 kabupaten/kota yang ada. Tentu itu membuat admi­nis­trasi kita keteteran,” terang­nya. (h/mg-isr)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]