BAZ Salurkan Zakat Rehab Rumah


Jumat, 08 Mei 2015 - 19:43:31 WIB
BAZ Salurkan Zakat Rehab Rumah

Zakat rehab rumah mus­tahik sebesar Rp20 juta untuk masing masing rumah ini, diserahkan secara sim­bolis oleh Walikota Bu­kit­tinggi, Ismet Amzis yang di­damping Ketua Baznas Kota Bukittinggi Rahman Ritonga beserta Wa­kil II Pen­distri­busian dan Pendayagunaan Zakat, H. Al Chairi Daranin dan Pengurus Zulfiadi.

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

Menurut H Al Chairi Da­ranin, pada tahun ini Baznas Kota Bukittinggi kembali me­lakukan penyerahan zakat rehab rumah mustahik untuk 6 unit rumah pada 3 kecamatan di Bukittingi. Masing masing 3 unit rumah di kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS), 2 unit rumah di Ke­camatan ABTB dan 1 unit rumah di kecamatan Guguk Panjang.

“Alhamdulillah, untuk ta­hun ini penyalurannya zakat untuk rehab rumah mustahik ini lebih cepat disbanding tahun lalu. Pasalnya tahun lalu penyerahannya dilakukan pa­da akhir tahun. Dari 6 unit rumah pada 3 kecamatan yang akan diserahkan itu diawali di Kecamatan ABTB yang ke­mudian dilanjutkan di ke­camatan MKS dan Guguk Pan­jang,” ujar Inyiak Chairi Daranin.

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Dikatakannya, rumah yang mendapatkan dana zakat re­hab rumah mustahik ini me­rupakan rumah yang telah dila­kukan survei dan pendataan oleh Tim Baznas beserta un­sure PNPM-MP. Adapun cri­teria dari rumah yang direhab ini adalah rumah masyarakat/warga fakir/ miskin yang ke­adaan rumahnya tidak layak huni, atau terkena bencana.

Disamping itu, rumah dan tanah yang bersangkutan milik sendiri yang dilengkapi dengan bukti otentik, bukan rumah dan tanah disewa. Kemudian rumah yang mendapatkan bantuan ini juga tidak berada didalam jalur merah (ter­la­rang). Warga yang dibantu adalah muslim, dapat mem­baca dua khalimah syahadat, rukun islam, rukun iman dan surat Alfatiah.

Baca Juga : Pemerintahan Kecamatan IV Jurai Lakukan Vaksinasi Covid-19

“Zakat rehab rumah mus­tahik yang diserahkan ini dalam rangka mendukung program pengentasan kemis­kinan di Kota Bukittinggi. Dan Alhamdulillah semenjak dari tahun 2013 hingga 2015 ini sebanyak 12 unit rumah men­dapatkan zakat rehab rumah dari Baznas. Dengan rincian tahun 2013 untuk 2 unit ru­mah, tahun 2014 menjadi 4 unit rumah dan pada tahun meningkat jadi 6 unit rumah,” jelas Inyiak sapaan akrabnya.

Walikota Bukittinggi Is­met Amzis memberikan apre­siasi kepada Baznas Bu­kit­tinggi atas kinerja dan pe­ngelolaan zakat yang dila­kukan oleh Baznas dalam pemberantasan ke­mi­s­kinan di kota itu. Atas pe­nge­lolaan dan pendistribusian zakat yang dilakukan secara transparan dan profesional, Baznas Kota Bukittingi salah satu Baznas terbaik di Sumbar bahkan tingkat Nasional.

Baca Juga : Lakukan Safari Khusus, Pemkab Pessel Bagi-bagi Bantuan untuk Masjid Rp7,5 Juta 

“Baznas Kota Bukittingi termasuk yang terbaik di Sum­bar termasuk di tingkat Na­sional. Hal ini terlihat dalam kurun waktu 2 tahun te­rakhir, berbagai penghargaan diraih oleh Baznas Bukittingi sebagai Baznas terbaik dalam pe­ngelolaan dan pen­distribusian zakat,” ujar Ismed. (h/tot)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]