Diterjang Air Bah, 10 Rumah dan 5 Jembatan Rusak


Jumat, 08 Mei 2015 - 19:45:03 WIB
Diterjang Air Bah, 10 Rumah dan 5 Jembatan Rusak

Air yang bercampur de­ngan lumpur tersebut, turut meluap ke perumahan warga setempat. Kepala jorong se­tem­pat turut me­ngin­for­ma­sikan, akibat meluapnya ba­tang Liki tersebut, 1unit rumah permanen milik Buya Zam Zami rusak parah dan sempat terseret arus air. Dan 10 unit rumah milik warga lainnya rusak digenangi akibat luapan Sungai Batang Liki.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Begitu juga, areal per­sa­wahan warga yang terdapat di sepanjang sungai Batang Liki turut terendam. Bahkan, air bah turut membuat petani di Jorong Guguak Palano gagal panen.

Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Nasrianto mengungkapkan, air bah ter­jadi akibat tidak mampunya sungai Batang Liki untuk menampung depit air dari hulu sungai tersebut. Sehingga, air yang mengalir dari hulu terus bertambah hingga terjadinya aliran yang besar “Kejadian beberapa menit sebelum sho­lat Magrib setelah hujan deras melanda Suliki. 4 unit rumah dan 5 jembatan rusak. Atas kejadian air bah tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa,” ujar Nasrianto Kepala BPBD Kabupaten Limapuluh Kota, Jumat (8/7) kemarin.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Ditanya apakah air bah juga dampak dari adanya aktifitas warga menambang batu akik di kawasan terbukitan pada hulu sungai Batang Liki, Nasrianto belum bisa memastikan hal tersebut. “Kita belum sampai untuk mengarah sana. Se­men­tara BPBD masih mendata dan memberikan pertolongan aki­bat dampak kejadian tersebut,” ucap Nasrianto

Sementara Wakil Bupati Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus, yang melakukan pe­ninjauan ke lokasi air bah me­nyatakan prihatin atas musibah air bah yang terjadi di Nagari Mudiak Liki.

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Menurut Wabup BPBD dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Pemkab Limapuluh Kota sudah melakukan pe­mantauan dan pendataan ke lokasi yang tertimpa musibah.

Asyirwan Yunus turut mem­berikan bantuan berupa tenda serta sejumlah logistik lainnya dalam penanganan bencana air bah di Kecamatan Suliki. (h/ddg)

Baca Juga : Jasman Rizal: Tak Ada Larangan Pergerakan Lokal, Tetap Patuhi Prokes

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]