Sejumlah Kawasan Pantai Terancam Abrasi


Jumat, 08 Mei 2015 - 19:46:37 WIB
Sejumlah Kawasan Pantai Terancam Abrasi

Terkait kawasan yang ra­wan bencana abrasi, maka sepa­ruh dari pantai di Pesisir Sela­tan adalah kawasan rawan dan diantaranya sudah masuk pada kondisi yang meng­kha­watir­kan. BPBD Pessel meng­imbau warga yang tinggal di zona berbahaya untuk berhati hati.

Baca Juga : Bunda PAUD Kota Pariaman Serahkan Bantuan untuk Dua Pendidik Korban Kebakaran

“Kawasan pantai di Pessel umumnya berpasir dan tidak berapa persen yang berkarang atau ditumbuhi mangrove. “Separuh dari kawasan pantai itu rawan bencana abrasi,” ungkapnya.

Kondisi geografis daerah ini menjadi tantangan tersen­diri bagi rakyat untuk mem­bangun kehidupannya. Bahkan mayo­ritas penduduk Pessel senang bermukim dipinggir pantai, ini kemudian menjadi ancaman bagi mereka,” ka­tanya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Covid-19 di Sumbar: Positif 158, Sembuh 153, dan Meninggal Dunia 5 Orang

Disebutkannya, tidak heran jika mayoritas penduduk Pes­sel lebih memilih berdomisili di sekitar Pantai. Dari sisi ekonomi lebih menjanjikan untuk bertahan hidup. Begitu pula Daerah Aliran Sungai (DAS) juga jadi tempat tinggal favorit, tanahnya yang subur dan gembur cocok dikem­bangkan jadi lahan pertanian, namun masyarakat perlu juga mengetahui bahwa kawasan itu rawan bencana.

“Kawasan rawan abrasi itu ada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Bayang, Sutera, Le­nga­yang, Ranah Pesisir, Linggo Saribaganti, Pancung Soal dan beberpa tempat lainnya.

Baca Juga : ASN Sumbar Jangan Gegabah, Ada Sanksi bagi yang Nekat Mudik Lebaran

Pada kawasan pantai, penduduk yang bermukim disana cukup banyak. Lalu kami sudah sam­paikan jarak ideal membangun ruamh dari pantai,” katanya.

Dikatakannya, bila air pa­sang tiba maka kawasan tersebut akan menjadi sasaran amukan air.

Baca Juga : DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar

Kawasan yang menjadi sasaran abrasi adalah Pasir Putih Kambang, Pantai Salido hingga ke perbatasan Bayang, Muari Air Haji dan sejumlah tempat lainnya. (h/har)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]