Muaro Lasak Tak Kunjung Berubah


Jumat, 08 Mei 2015 - 19:52:43 WIB
Muaro Lasak Tak Kunjung Berubah

Pantauan Haluan, Jumat (8/5), bangunan tersebut sema­kin hari semakin banyak. Awal berdiri taman Muaro Lasak itu dijadikan sebagai tempat san­tai, tempat bermain anak-anak wisatawan jika melihat kein­dahan Pantai Muaro Lasak. Tempat ini juga dilengkapi dengan arena bermain anak-anak, seperti seluncuran, ayu­nan. Makanya, dijadikan seba­gai tempat wisata keluarga.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

Bangunan tersebut sudah seperti kafe yang menyediakan berbagai macam menu, seperti mie rebus, kerupuk kuah, nasi goreng, mie goreng, beraneka ragam jus, malah ada yang menyediakan nasi ampera. Tetapi, Dinas Pariwisata tidak bisa mengontrol harga dan tidak mendata PKL tersebut, sehingga PAD kepada Pemko Padang juga tidak jelas.

Jika dihitung bangunan semi permanen tersebut sudah berjumlah hampir 50 unit, dengan dilengkapi kursi pantai yang terbuat dari plastik. Se­dang­kan lapak–lapak peda­gang kreatif lapangan (PKL) yang berjejer mulai dari jem­batan Muaro Lasak hingga Hotel Pangeran cukup banyak.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

Tidak hanya itu saja, di Taman Muaro Lasak kabel-kabel listrik juga tidak bera­turan.

Padahal itu, sudah pernah ditertibkan oleh PLN bersama jajaran Pemko Padang bebe­rapa waktu lalu. “Bagai­mana­pun keinginan pemko dalam menertibkan bangunan di Mua­ro Lasak ini tidak akan bisa, selama sanksi tidak tegas dan tidak jelas,” kata Udin, masyarakat Kecamatan Pa­dang Barat.

Ia meminta kepada pihak terkait, agar bertindak secepat­nya karena walikota sudah merancang program dengan baik. Namun, dinas yang diberi kewenangan tidak melakukan sesuai dengan ha­rapan.

Menurut Camat Padang Barat, Arfian, dia sudah mela­kukan koordinasi dengan Sat­pol PP dan Dinas Pari­wisata untuk menangani bangunan yang sudah berdiri di Taman Muaro Lasak itu. Bangunan tersebut dinyatakan illegal alias berdiri tidak ada izin.

“Kita sedang melakukan koordinasi dengan pihak ter­kait langkah apa yang bisa kita lakukan,” tutup Arfian. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]