Tambahan Bus Trans Padang Tahun Ini Gagal


Jumat, 08 Mei 2015 - 19:53:22 WIB
Tambahan Bus Trans Padang Tahun Ini Gagal

PADANG, HALUAN — Setelah melakukan berbagai proses, tambahan bus Trans Padang yang dijanjikan oleh Dirjen Perhubungan gagal pada tahun ini. Rencana penambahan bus tersebut, Kota Padang harus menunggu hingga tahun 2016 dengan tambahan sekitar 60 unit.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo) Kota Padang, Rudy Rinaldy, tambahan tersebut diharapkan bisa memenuhi kekurangan armada angkutan umum di Kota Padang.

Baca Juga : Hari Pertama Kerja Usai Lebaran, Pemko Padang Sidak Kehadiran ASN

Dikatakannya, tambahan 60 unit bus Trans Padang itu direncanakan untuk koridor dua. Sebab, transportasi di koridor tersebut belum memadai.

“Kementerian Perhubungan meminta, agar kita terlebih dahulu berangsur-angsur menyelesaikan master plan pengembangan bus Trans Padang dengan menyiapkan beberapa koridor baru,” ujarnya.

Baca Juga : Libur Lebaran Usai, Dinkes Kota Padang: Masyarakat Harus Lakukan Tes Swab

Saat sekarang, kata Rudy, Kota Padang baru merealisasikan satu dari enam koridor bus trans yang direncanakan, yakni rute Pasar Raya-Lubuk Buaya. ”Untuk itu, tahun ini penyelesaian koridor dua Pasar Raya-Bungus Teluk Kabung dan koridor tiga dari Pasar Raya menuju Air Pacah akan dikebut,” katanya.

Dilanjutkan Rudy, pada tahun berikutnya direncanakan baru direalisasikan koridor empat, yakni Teluk Bayur-Lubuk Bua­ya (via By Pass), koridor lima Pasar Raya Padang-Indarung dan koridor enam Pasar Raya Padang-Limau Manis.

“Jika pengembangan koridor dua dan tiga terselesaikan, maka di tahun 2016 Kota Padang mendapat bantuan armada mencapai 60 unit,” jelasnya.

Dijelaskan Rudy, penambahan bus trans tersebut bukan tidak terwujud, tetapi diundur untuk difokuskan di tahun 2016. ”Tahun ini, kita menyelesaikan master plan pengembangan bus trans dulu.

Kalau itu selesai, kita ajukan ke pusat dan 1 Januari 2016 diberi armada tambahan. Rencananya di tahun 2016 kita dapat 60 unit,” katanya lagi.

Dalam pengembangan ke depan, lanjut Rudy, idealnya dalam satu koridor jumlah Bus Trans Padang yang disediakan sebanyak 30 unit. “Saat ini, untuk melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Kota Padang pada koridor satu terdapat 15 armada bus trans. Untuk itu, Dishub Kominfo memutuskan untuk memberdayakan kembali delapan unit bus kota yang dinilai layak, sebagai angkutan pembantu,” tutupnya. (h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]