Padang Pariaman Masih Terus Genjot PE


Ahad, 10 Mei 2015 - 18:56:34 WIB
Padang Pariaman Masih Terus Genjot PE

Pada tahun 2015 ini, kata bupati, ada beberapa unit pasar tradisional yang akan dibenahi oleh Pemkab Padang Pariaman. Pasar yang akan dibenahi itu di­antaranya, pasar tra­disional Batu Basa Kecamatan IV Koto Aurmalintang dan pasar Toboh Marunggai serta beberapa tradisional lainnya.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Dengan adanya rehab pasar tradisional ini, akan tumbuh pusat-pusat eko­nomi baru di nagari ber­sangkutan. “Perbaikan be­berapa pasar ini akan mam­pu  memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” kata bupati.

Untuk itu, bupati ber­harap agar pemuka ma­sya­rakat bersama pemerintah na­gari untuk segera me­nyelesaikan persolan tanah yang ada di daerah pasar yang akan dibangun tersebut.

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

“Kita tidak me­ngi­ngin­kan, setelah pasar diba­ngun akan timbul persoalan ba­ru,” terang bupati.

Di samping pasar ter­sebut dibangun dengan le­bih permanen, jalan-jalan untuk menuju akses pasar juga diperbaiki. Hal ini bertujuan agar fungsi pasar dapat berjalan sempurna.

Baca Juga : Bantu Korban Bencana di Sulbar, Pemprov Sumbar Kembali Gelontorkan Dana Rp241 Juta

Walinagari Sikucur Ke­camatan V Koto Kampung Dalam, Alizar yang dihu­bungi Haluan me­nyam­paikan, pasar Toboh Ma­rung­gai memang harus men­dapat perhatian dari Pemkab Padang Pariaman, karena pasar ini terletak di ujung Kecamatan V Koto Kampung Dalam. Pasar yang ramai dikunjungi ma­syarakat setiap hari Selasa ini, masih memiliki ba­ngunan dari kayu.

“Pasar ini merupakan tempat transasksi, hasil perkebunan warga, seperti casiavera, kakao dan kelapa serta berbagai hasil kebun lainnya,” ujar Alizar.

Baca Juga : Gubernur Minta Sumbar Jangan Lagi Masuk Zona Merah Covid-19

Di samping pem­ba­ngu­nan pasar Toboh Ma­rung­gai, Alizar juga ber­harap agar pembangunan pasar Koto Hilalang juga harus mendapat perhatian dari Pemkab Padang Pariaman. (h/ded)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]