Padang Panjang Terapkan Disertifikasi Pangan


Ahad, 10 Mei 2015 - 18:58:11 WIB
Padang Panjang Terapkan Disertifikasi Pangan

Ia mengatakan, pro­gram swasembada pangan yang di­canang­kan Pe­merintah Kota Padang Panjang di te­ngah keterbatasan la­han pertanian di kota itu, akan terdukung dengan disertifikasi pangan.

Baca Juga : Sosialisasi OPS Keselamatan Singgalang 2021, Satlantas Polres Sijunjung Bagi Takjil untuk Pengguna Jalan

“Padang Panjang mengalami keterbatasan lahan namun kita bisa melakukan swa­sembada pangan. Bahkan beras gunung telah dikenal masyarakat luar Sumbar, karena telah mengek­spor beras ke beberapa daerah di luar provinsi,” kata Mawardi seperti diwartakan antarasumbar.

Ia menyampaikan, meskipun belum di­dukung tekhnologi pertanian yang sudah canggih, masyarakat di Padang Panjang khususnya petani, telah mampu menyisihkan hasil pertanian mereka untuk dijual dan memenuhi kebutuhan rumah tangga lainnya.

Baca Juga : Terus Melonjak, Dharmasraya Sumbang 32 Kasus Positif Covid-19

“Biasanya setelah panen, padi dibawa pulang dan disimpan di tempat penyimpanan, bila stok beras sudah menipis baru di­keluar­kan. Sehingga tidak heran masyarakat di sini tidak mengalami paceklik pangan seperti yang terjadi di beberapa daerah di Pulau Jawa,” sebut Mawardi.

Sebelumnya angggota Komisi IV DPR RI Hermanto menyampaikan, Program Nasional Swasembada Pangan yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo beberapa menjadi perhatian utama pemerintah daerah.

Baca Juga : Sejahterakan Petani Ikan di Pasaman, Diskan-BUMNag akan Menjalin MoU

“Kami dari pihak legislatif juga sangat mendukung program tersebut, apalagi itu bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional. Apalagi komsumsi beras masyarakat sudah sangat tinggi, bila diban­dingkan dengan produksi beras nasional,” sebutnya.

Politisi PKS itu juga sangat mengapresiasi langkah Pemkot Padang Panjang yang telah melakukan disertifikasi pangan sebelum program swasembada pangan dicanangkan. (h/yan)

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah 286, Sembuh 100, dan Meninggal Dunia 1 Orang

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]