BPBD Sumbar Ikut Tim Kemanusiaan di Nepal


Ahad, 10 Mei 2015 - 19:26:44 WIB
BPBD Sumbar Ikut Tim Kemanusiaan di Nepal

Salah seorang anggota rombongan Tim Ke­ma­nu­siaan II ini adalah Plt. Ke­pala BPBD Sumbar, Zul­fiatno mewakili BPBD di Indonesia. Menurutnya, Tim Kemanusiaan Peduli Ben­cana Nepal II ini, akan melanjutkan tugas tim sebe­lumnya yang akan berakhir Kamis (14/5), karena hingga saat ini proses tanggap daru­rat masih berlangsung di negara atap dunia itu.

Baca Juga : Dinkes Kota Padang Sediakan Tempat Isolasi Guna Antisipasi Lonjakan Kasus Pasca Lebaran

“Pemerintah Nepal me­minta perpanjangan masa tugas Tim Kemanusiaan Indo­nesia. Karena itu dikirim Tim Kemanusiaan II  yang akan mela­kukan asesmen atau pengum­pulan data-data, penanganan medis dan lainnya yang sifatnya tang­gap darurat,” terang Zulfiatno.

Tim Kemanusiaan II ini, juga akan membawa bantuan logistik untuk korban gempa Nepal. Pihaknya sendiri, secara khusus juga membawa buku-buku pena­nganan Rehabilitasi dan Re­konstruksi Sumbar pasca gem­pa 2009. Buku-buku itu nanti akan diserahkan pada Pemerintah Nepal dan dapat dijadikan seba­gai penambah wawasan dalam penanganan bencana di negara itu.

Baca Juga : Padang Aktifkan Kembali Kampung Nelayan untuk Tempat Karantina Covid-19

Bagi Zulfiatno, ini adalah pe­nga­laman pertama baginya dalam kegiatan kemanusiaan interna­sional. Tetapi penga­laman­nya saat penanganan tanggap darurat gempa dahsyat Sumbar 2009, adalah modal berharga dalam melakukan hal yang sama di Nepal.

“Ini pengalaman pertama saya mengikuti kegiatan kemanusiaan internasional. Namun setidaknya saya punya pengalaman tanggap darurat yang bisa diterapkan di sana,” katanya. (h/vie)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]