Polres Pasaman Amankan 4 Kubik Kayu Tak Berizin


Senin, 11 Mei 2015 - 19:41:58 WIB
Polres  Pasaman Amankan 4 Kubik Kayu Tak Berizin

Menurut pengakuan pe­la­ku kepada pihak ke­po­lisian, kayu yang mereka angkut itu milik MB dan diambil dari kawasan hutan di Bukit Taratang Tunggang, Nagari Binjai, Kecamatan Tigo Nagari.

Baca Juga : Duet Nan Tuo dan Nan Mudo Pimpin Limapuluh Kota Lima Tahun ke Depan

Kapolres Pasaman, AK­BP. Agoeng SW men­yebut­kan, penangkapan satu truk kayu tidak berizin itu, di­dapatkan informasi dari masyarakat setempat. Men­dapatkan informasi itu, Ka­polres Pasaman langsung memerintahkan Kanit Buser Ipda Rozi bersama tim un­tuk turun ke TKP.

“Sudah dua hari ini tim polres mengintai pelaku, barulah berhasil diamankan pada Senin pagi (kemarin, red). Mereka langsung di­aman­kan ke Mapolres Pasa­man untuk proses lebih lan­jut,” ujar Kapolres.

Baca Juga : Rakor Kada di Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Pengamanan itu, tukuk Kapolres, untuk meng­hin­dari hal-hal yang tidak di­ingin­kan. “Kami menga­mankan pelaku, untuk di­minta keterangan dan proses hukum selanjutnya. Kami belum tetapkan mereka se­bagai tersangka. Kami harus koordinasi dulu dengan di­nas kehutanan mengenai asal usul kayu, jenis kayu dan jumlah kayu yang mereka angkut,” jelasnya.

Kayu yang diamankan itu, menurut keterangan dari pelaku, akan dijual ke pa­saran, tergantung per­minta­an. “Pasarnya masih dalam kabupaten, namun tidak menutup kemungkinan di­opor ke luar daerah,” kata Kapolres.

Baca Juga : Eka Putra-Richi Aprian Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Siapa Mereka?

Kata Kapolres, jika ter­bukti pada pelaku membalak kayu di hutan lindung, maka pelaku bisa diancam huku­man pidana sesuai Undang-Undang Kehutanan No 41 tahun 1999 dan UU No 18 tahun 2013 tentang Pen­cegahan dan Pemberantasan Pengrusakan Hutan. (h/col)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]