Persaingan Mengerucut pada Duo Incumbent


Senin, 11 Mei 2015 - 19:44:30 WIB

Salah seorang Pengurus LSM Komite Mayarakat Agam, MS Marajo menga­takan, duo incumbent masih cukup kuat dibandingkan dengan sejumlah bakal calon lain. Saat ini keduanya sama-sama mobile di tengah ma­sya­rakat, sementara hal itu tidak ditunjukkan oleh kan­didat lain.

Melihat waktu yang rela­tif singkat, bagaimana mung­kin, para bakal calon yang notabene tidak memiliki banyak panggung, untuk melawan keduanya. Ia meni­lai kedua incumbent memi­liki kwalitas dan bangus, dan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Peluang incumbent untuk kembali menjabat tentu jauh lebih besar dari pada yang lain.

Menurutnya, kandidat lain yang memiliki kekam­puan untuk menggoyang tidak banyak, dampaknya pun dini­lai tidak terlalu be­sar. Misal­nya bapak Gus­pardi Gaus, ketika Pilkada lima tahun lalu ia kalah dua puataran dari Indra Catri. Tetapi kondisi itu jelas tidak sama dengan seka­rang, kita itu keduanya tidak menjabat di Agam, lain hal nya seka­rang. “Satu-satunya cara yang mungkin bisa merubah peta, bisa saja dengan koalisi besar. Sejumlah partai mem­buat poros kemudian meng­u­sung bakal calon de­ngan popu­laritas sama dengan, incun­ben. Semuanya bisa saja terjadi beberapa bulan kede­pan, tetapi untuk saat ini kedua incumbent masih le­bih unggul dari yang lain,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Aliansi Masyarakat Pendu­kung Indra Catri, AMPI, Firdaus Lukman, menga­takan, mereka konsisten mendukung Indra Catri un­tuk kembali mengulang ke­menangan lima tahun silam dalam pemilihan kepala dae­rah. Sejauh ini mereka meni­lai, pola kepemim­pinan Indra Catri sangat cocok dengan kondisi Agam. Selain itu, selama kurang empat tahun terakhr sangat banyak kemajuan yang dirasakan oleh m­as­yarakat. (h/yat)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 04 Juni 2015 - 20:45:34 WIB

    Persaingan Menuju Agam 1 Mulai Ketat

    DUA KOALISI MULAI TERLIHAT

    AGAM, HALUAN — Peta persaingan menunju Agam satu jelang penyelenggaraan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Agam, secara bertahap mulai tergambar. Sel.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]