Perketat Pengawasan untuk Antisipasi Kejahatan


Senin, 11 Mei 2015 - 20:08:58 WIB
Perketat Pengawasan untuk Antisipasi Kejahatan

Kabid Humas Polda Sumbar AKBP Syamsi meminta para orangtua dan pihak terkait untuk memperketat pengawasan kepada anak-anak. Menurutnya, langkah tersebut bertujuan untuk mengantisipasi munculnya aksi kriminalitas yang melib­at­kan para remaja atau Anak Baru Gede (ABG), baik sebagai korban maupun yang nekat bertindak menjadi pelaku kejahatan.

Baca Juga : Realisasi PAD Bapenda Kota Padang Capai Rp98 Miliar pada Triwulan I

“Aksi kriminalitas yang dise­babkan oleh kenakalan remaja sudah banyak. Aparat penegak hukum sebaiknya tak henti-henti meningkatkan pengawasan, ter­ma­suk para orangtua. Teru­tama pada malam hari, awasilah gerak-gerik mereka yang berpotensi melakukan berbagai pelanggaran hukum,” kata Syamsi kepada Haluan, di Padang, Senin (11/5).

Tak hanya itu, peran serta pemerintah dan masyarakat dini­lainya secara otomatis turut membantu mengurangi potensi kenakalan remaja. Di mana, aparat kepolisian sudah mela­kukan banyak upaya pencegahan, sosialisasi intens ke sekolah-sekolah, ke masjid, tokoh masya­rakat, tokoh pemuda dan peme­rintahan. Tujuannya supaya kena­kalan remaja terus berku­rang. Tapi tidak bisa sendiri saja, rekan-rekan media harusnya ikut men­sosialisasikan.

Baca Juga : Danau Cimpago Padang Dipenuhi Sampah Kiriman

“Sejauh ini kepolisian sudah berupaya dengan menso­sialisasi­kan masalah ini, baik dari peme­rintah maupun masyarakat. Seke­dar diketahui, remaja bukanlah menjadi titik rawan sebagai pela­ku kriminalitas. Hanya saja dari sana lah berpotensi lahirnya aksi kriminalitas, makanya harus sering diberlakukan pengawasan yang ketat,” katanya.

Selain itu, Kapolda Sumbar Brigjen Pol Bambang Sri Her­wanto juga telah meresmikan peluncuran buku saku door to door Babinkamtibmas, Rabu (1/4) lalu. Dengan peluncuran terse­but, Ka­pol­da berharap agar fungsi Babin­kamtibmas berjalan sesuai fung­si­nya, terutama dengan door to door.

Program tersebut selain men­dekatkan diri dengan masyarakat, juga akan sangat membantu da­lam pengumpulan informasi-informasi sekecil apapun di ling­ku­ngannya masing-masing. (h/nas)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]