Irigasi Batang Jambak Dibangun Tahun Ini


Selasa, 12 Mei 2015 - 19:03:15 WIB
Irigasi Batang Jambak Dibangun Tahun Ini

Kebijakan yang diambil oleh Pemerintahan Benny- Daniel itu, mendukung prog­ram nasional dalam men­capai ketahanan pangan na­sio­nal. “Kebijakan peme­rintah saat ini, untuk Kabu­paten Pasaman kita dapat 1000 irigasi untuk per­bai­kan. Bahkan itupun akan ada tambahannya dalam APBN Perubahan. Ini perlu kita dukung bersama,” ujar Wa­bup Danil.

Baca Juga : Gubernur Janji Beri Tunjangan ke 4 Orang Penghafal Alquran 30 Juz PontrenMu Kauman Padang Panjang

Selain membangun irigasi Bandar Gadang Ba­tang Jambak, pemkab pasa­man juga membangun enam kegiatan perbaikan dan pe­me­liharaan jaringan irigasi, meliputi perbaikan irigasi bandar pauh gadang, irigasi sawah liek, kampuang baru, tandikek, koto tuo, dan ban­dar kulah.

Sementara itu, sembilan kegiatan Dana Alokasi Khu­sus (DAK) meliputi per­baikan dan pemeliharaan daerah irigasi Batang Kasok, Ujung Karang, Tanjung Bo­ngo, Lubuk Bingkuang, Air Salo, Sungai Nyiur, Bandar Muntia, dan Batang Beha­non. Diperbaikinya irigasi, kata Wabup Daniel, agar saluran air ke kawasan sa­wah masyarakat dapat di­aliri dengan baik. Kalau air baik dan mencukupi, sehing­ga program pe­ningkatan perilaku panen dapat pula ditingkatkan.

Baca Juga : Menginspirasi! Mahasiswa Solsel Layak Jadi Duta Petani Mileneal Berkat Usaha Itik Petelur

Kepala Dinas PU Ka­bupaten Pasaman Ewilda me­nyebutkan, bidang pe­ngai­ran dinas pekerjaan u­mum, selain melakukan per­baikan dan peme­liha­raan daerah irigasi, juga me­laku­kan perbaikan alur sungai sebanyak 13 paket kegiatan. “Kegiatan per­baikan alur sungai ini, sangat berkait dengan ketersediaan sumber daya air. Apalagi sumber-sumber air yang diman­faatkan untuk irigasi,” pung­kasnya. (h/col)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]