Presiden Jokowi Buka Kongres IV Partai Demokrat


Selasa, 12 Mei 2015 - 19:22:41 WIB
Presiden Jokowi Buka Kongres IV Partai Demokrat

“Perbedaan tidak harus membuat kegaduhan poli­tik. Kita perlu pemerintah yang bisa bekerja efektif tanpa mengesampingkan prinsip check and balance. Kita butuhk solidaritas sosial,” ujarnya.

Baca Juga : Pipa Perumda AM di Sungai Lareh Padang Bocor, Ini Daerah Terdampak

Di hadapan Ketua Umum Partai Demokrat dan seluruh undangan yang hadir, Presiden Jokowi juga menyinggung bahwa partai politik seharusnya meng­utamakan kepen­ti­ngan rak­yat dan negara bukannya justru asyik sen­diri dengan urusan internal parpolnya.

Jokowi juga mengajak partai pimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  itu bekerja sama untuk mewujudkan Indo­nesia yang berdaulat.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Senin 01 Maret 2021

“Saya percaya kongres Partai Demokrat diselimuti kesadaran bahwa rakyat menunggu kita menjalankan tugas kita. Rakyat menunggu pemimpinnya menge­lola perbedaan untuk mencapai tujuan nasional lebih besar. Sudah saatnya kita melangkah bersama untuk tugas berikutnya, mewu­judkan Indonesia berdaulat dan berkepribadian,” ujarnya lagi.

Penghargaan untuk Ruhut

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Presiden Joko Widodo me­min­ta Ketua Umum Partai De­mo­krat Susilo Bambang Yudho­yono memberi penghargaan kepa­da Ruhut Sitompul. Hal itu karena Ruhut menjadi kader Demokrat yang paling getol meng­­hubungi dan meminta Joko­wi untuk hadir dalam acara pembukaan Kongres IV Partai Demokrat.  “Mohon Pak Ruhut di­beri penghargaan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Ruhut tiga kali menelponnya ketika dirinya sedang bertugas ke luar kota dan luar negeri. Ia menerima telepon dari Ruhut ketika berada di Jayapura, Merauke, dan Papua Niugini. “Ditambah SMS satu kali,” ujar Jokowi.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Mantan Gubernur DKI Jakar­ta itu lalu membeberkan isi SMS yang diterimanya dari Ruhut. “Tidak komplet, tapi isinya ku­rang lebih begini, ‘Maafkan aku, Bapak Presiden. Sebagai pen­dukung setiamu, mohon Ba­pak hadir di Kongres IV Demokrat.’ Saya buka saja,” kata Jokowi disambut tawa seluruh peserta kongres.

“Saya berusaha keras hadir di tiap kongres, munas, atau muk­tamar partai politik karena bukan hanya dalam rangka proses kon­solidasi demokrasi, tapi juga dalam rangka bernegara sesuai konstitusi,” kata Jokowi.

SBY Terpilih

Susilo Bambang Yudhoyono kembali terpilih menjadi Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015-2020. SBY merupakan calon tunggal dan terpilih menjadi ketua umum secara aklamasi.

Persetujuan peserta Kongres IV Partai Demokrat langsung dibuat jadi keputusan oleh ketua sidang, EE Mangindaan. Saat memimpin sidang, Mangindaan didampingi Syarief Hasan, Edhie Baskoro Yudhoyono, dan Amir Syamsuddin.

“Menetapkan Susilo Bam­bang Yudhoyono sebagai ketua umum terpilih DPP Partai Demo­krat periode 2015-2020,” kata Mangin­daan saat mem­bacakan SK pene­tapan SBY sebagai ketua umum.

Setelah ini, agenda akan dilan­jutkan dengan pembentukan formatur DPP Partai Demokrat periode 2015-2020. SBY akan memimpin langsung tim formatur tersebut. “Jadi kita serahkan pada ketua umum terpilih,” ujar Ma­ngin­daan.

Acara pembukaan Kongres IV Demokrat dihadiri sekitar 1.200 kader Demokrat. Sejumlah pimpinan lembaga tinggi juga hadir, bersama beberapa menteri Kabinet Kerja, mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, dan sejumlah pimpinan partai politik. (h/kcm/met)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]