Raskin Tak Layak Konsumsi Tanggungjawab Bulog


Kamis, 14 Mei 2015 - 18:23:25 WIB
Raskin Tak Layak Konsumsi Tanggungjawab Bulog

“Penolakan raskin tersebut ada dilakukan oleh pihak nagari karena ketidaklayakan raskin, ada yang sudah berdebu, banyak kumbang dan lain sebagainya, maka kita perintahkan Bulog untuk mengganti beras tersebut,” tambahnya.

Baca Juga : Wabup Pessel Resmikan Masjid Ar-Rahman Rawa Bubur Tapan

Ditempat terpisah, salah seorang Kepala Jorong di Nagari Sitiung, Hasanuddin, mengakui bahwa raskin kalau tidak layak, di wilayahnya ditolak, ia mengakui pula sering raskin yang tiba tersebut sudah tidak layak konsumsi, ada beras yang sudah menepung karena sudah lama dalam karung, kalau berkumbang sudah sering terjadi. “Kami kalau raskin tidak layak kami tolak, tapi memang sering raskin tidak layak konsumsi dibagikan kepada masyarakat,” katanya.

Munculnya ke permukaan masalah raskin tidak layak konsumsi, ketika kunjungan Bupati Dharmasraya, H Adi Gunawan, melakukan kunjungan kerja atau minum kopi malam bersama masyarakat Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh, dalam acara tersebut, salah seorang Walinagari menyampaikan kekecewaannya, bahwa raskin yang tiba sering tidak layak konsumsi.

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 169, Sembuh 162, dan Meninggal Dunia 4 Orang

Mendengar hal tersebut, bupati sangat geram dan perintahkan untuk menolak beras tersebut. “Saya sebagai bupati menegaskan kepada Walinagari atau camat untuk menolak raskin busuk,” kata bupati saat itu.

Ia dengan nada tinggi dan kesal mengatakan, kenapa beras tersebut diterima sudah jelas tidak layak konsumsi, karena raskin tersebut dimakan manusia, bukan binatang. (h/mdi)

Baca Juga : Safari Ramadan, Gubernur: Yang Menguatkan Iman dan Adab adalah Alquran

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]