Keterlibatan Masyarakat Dibutuhkan


Kamis, 14 Mei 2015 - 18:25:04 WIB
Keterlibatan Masyarakat Dibutuhkan

Mewujudkan proses pe­milihan yang berkualitas, jelas Elly, diperlukan adanya penga­wasan di seluruh tahapan dan aspek pemilihan oleh pengawas Pemilu bersama jajarannya dan partisipasi aktif semua pihak. Dengan harapan proses Pemilu calon kepala daerah di Suma­tera Barat, termasuk Kabupaten Pasaman Barat berhasil mak­simal, sesuai aturan main  dan tahapan Pemiliu calon kepala daerah yang  dilaksanakan.

Baca Juga : Gempa Berkekuatan 3,3 Magnitudo Dirasakan di Bukittinggi

Sekretaris Bawaslu Suma­tera Barat, Hardizon Bahar, ketika menyampaikan laporan penyelenggaraan sosialisasi itu menyampaikan, semua seng­keta yang ditemukan pada se­tiap pemilu baik Pileg, Pil­pres dan Pilkada yang lalu, Bawaslu bersama-sama KPU dan semua jajaran yang terkait telah mam­pu menyelesaikannya dengan baik tanpa menimbulkan efek dan konflik yang bisa ber­kem­bang. Ini merupakan adanya dukungan masyarakat dalam kapasitas mitra strategis dalam haknya sebagai pengawasan partisipatif.

Dijelaskannya,  pe­ngawa­san yang dilaksanakan pihak penyelenggaraan pe­mi­lihan kepala daerah sudah men­jadi kewajiban setiap personil Bawaslu, mulai tingkat pusat provinsi, kabupaten/kota, hing­ga sampai TPS.

Baca Juga : Sambut Idul Fitri 1442 H, DPC IWAPI Pasaman Gelar Pasar Murah

Melalui aturan dan undang-undang seperti, UUD 45, Un­dang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu Nomor1 Tahun 2014, Undang-undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Perubahan atas UU Nomor 1 Tahun 2015 juga Pera­turan Bawaslu dan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di­harap penyeleng­gara­an pemilihan kepala daerah serentak nanti mendapat duku­ngan pengawasan partisipatif dari masyarakat.

“Akhirnya semua pihak ter­masuk masyarakat mampu me­mahami apa-apa bentuk pe­langgaran dan bagaimana pro­sedur pelaporannya, pencega­han atau dalam bentuk lain. Intinya kita semua mampu menyukseskan  penyelenggara Pilkada, khususnya di Pasaman Barat ke depan,” kata Ketua Bawaslu Sumatera Barat me­nam­bahkan. (h/gmz)

Baca Juga : Prakiraan Cuaca Sumbar Hari Ini, BMKG: Waspada Gelombang Laut Hingga 3 Meter

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]