Pelayan Pendidikan di DaerahTerisolir Diprioritaskan


Senin, 18 Mei 2015 - 18:30:07 WIB
Pelayan Pendidikan di DaerahTerisolir Diprioritaskan

“Untuk membebaskan Na­ga­ri Batu Bajanjang dari keteri­soliran tidak cukup hnaya dengan membangun infras­truktur seperi jalan, jembatan dan penerangan listrik saja, melainkan juga diperlukan pembangunan pendidikan dan kesehatan,” ujar Desra.

Baca Juga : Selama Larangan Mudik, Sebanyak 300 Kendaraan Disuruh Putar Balik di Sumbar

Lebih jauh ia mengatakan, dalam sektor pendidikan, pe­me­rintah telah mengang­gar­kan dana yang begitu besar untuk mencerdaskan masyara­kat Kabupaten Solok. Seperti halnya di Tigo Lurah ini, Pemerintah Kabupaten Solok telah membangun sekolah mulai dari SD, SMP dan SMA.

Dibangunnya sekolah di daerah tertinggal ini adalah dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia Ka­bupaten Solok agar terlepas dari ketertinggalan, kebodohan dan kemiskinan. Karena ba­gai­manapun juga, sebuah na­gari baru dapat dikatakan maju apabila pendidikannya benar-benar sudah maju.

Baca Juga : Dibangun dalam Waktu Sangat Singkat, Masjid Ihsan Sungai Patai Sudah Dibuka

Dikatakan Desra, selama ini masyarakat Nagari Batu Bajanjang Kecamatan Tigo Lurah masih belum dapat me­nik­mati akses pendidikan de­ngan baaik, karena adanya hambatan geografis.

Sekarang, dengan adanya pembenahan infrastukrur seperti jalan, jembatan dan penerangan listrik, diharapkan masyarakat Nagari Batu Ba­janjang akan lebih mudah mengakses pendidikan yang baik, terjangkau  dan ber­mutu.

Pemerintah Kabupaten Solok, kata Desra, memandang pendidkan sebagai investasi, karena melalui pendidikan akan dapat dilakukan proses sosial dalam masyarakat untuk maju. Melalui pendidkan ma­sya­rakat dapat meningkatkan kualitas hidup yang mencakup meningkatnya equality, ke­bebasan dan kemampuan me­ngen­dalikan lingkungan. Me­lalui pendidikan pula dapat ditingkatkan kualitas kese­hatan, intelektualitas individu dan meningkatkan daya saing.

Diingatkan Desra, masya­rakat yang mampu bersaing adalah seseorang yang benar-benar telah mampu untuk menempatkan dirinya pada zaman modern. Kemampauan bersaing itu sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan yang mereka miliki.

“Bangsa yang memiliki kualitas pendidikan yang baik akan mampu membawa bang­sanya untuk menjadi sosok yang lebih baik di masa da­tang,” kata Desra setelah me­nye­rahkan beasiswa bagi siswa yang berasal dari masyarakat kurang mampu. (h/eri)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]