Beras Organik Bakal Dijadikan Komoditas Unggulan


Senin, 18 Mei 2015 - 18:32:41 WIB
Beras Organik Bakal Dijadikan Komoditas Unggulan

Pertanian organik khususnya beras Padang Panjang, diaplikasikan dalam sejumlah program seperti pola padi tanam sebatang, yang sejauh ini terbukti bisa meningkatkan hasil pertanian. Menurutnya, pola tanam petani sebatang tersebut akan terus dikembangkan kepada petani sehingga bisa meningkatkan produksi gabah kering panen (gkp) setiap tahunnya.

Baca Juga : Bupati Pesisir Selatan Minta Bapedalitbang Kaji Penyebab Banjir Rahul Tapan

Sistem tanam padi sebatang bila dikem­ban­gkan petani, akan sangat mengun­tungkan karena dapat menghasilkan panen yang lebih maksimal. “Pola tanam padi sebatang juga dapat meminimalisir biaya mulai dari pembibitan, pupuk, pengairan hingga pengawasan sehingga perlu dikem­bangkan kepada petani,” katanya.

Dalam penerapan pola tanam padi sebatang tersebut pungkas Candra, umur benih yang disemai dari sembilan sampai 13 hari, untuk selanjutnya dipindahkan ke lahan pertanian. Dalam rentang waktu 103 hari, padi sudah bisa dipanen.

Baca Juga : 500 Pelaku Usaha di Sumbar Kena Denda Akibat Langgar Protokol Kesehatan

Wakil Walikota Padang Panjang, Ma­wardi menyebut, pembangunan sektor pertanian merupakan salah satu target pemerintah daerah dalam upaya me­wujudkan peningkatan perekonomian warga. Sejauh ini terang Mawardi, keter­sediaan lahan pertanian khususnya sawah, diakui masih mampu dalam memenuhi kuota produksi beras untuk kebutuhan masyarakat Padang Panjang.

“Yang jelas, kita akan terus memberikan fasilitas kepada para petani, agar dapat terus meningkatkan panen dan produksi melalui budidaya sejumlah program pertanian yang sudah disosialisasikan,” pungkas Mawardi. (h/yan)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]