Abdel Hafiz, Utusan Indonesia ke IESO Brazil


Senin, 18 Mei 2015 - 19:02:58 WIB
Abdel Hafiz, Utusan Indonesia ke IESO Brazil

Perjalanan Abdel menuju Brazil  dimu­lai saat ia diutus sebagai dele­gasi Sumbar pada gelaran OSN 2014 di Mataram. Ia berhasil meraih medali emas pada kategori ilmu kebumian.

Baca Juga : Iedul Fithri: Geliat Ekonomi, Momentum Keluar Resesi

Setelah menjadi bintang utama dalam OSN Mataram kategori kebu­mian, Abdel dan 29 pelajar lain yang juga meraih medali berhak me­ngikuti seleksi untuk menentukan empat utusan Indonesia menuju IESO 2015 pada 13-20 September mendatang.

“Setelah 30 orang meraih medali OSN, kami mengikuti 3 tahapan seleksi untuk mencari 4 pelajar yang akan menjadi delegasi Indonesia di IESO Brazil. Tahap pertama dan kedua diadakan di Jogjakarta dan tahap ketiga di Bandung. Dari 30 orang disaring menjadi 15 orang, kemudian disaring lagi menjadi 8 orang dan pada tahapan terakhir ditetapkan 4 orang delegasi, Alham­dulillah saya salah satunya,” kata Abdel lagi.

Baca Juga : Pembangunan dan Keadilan bagi Padagang Kaki Lima

Tiga dosen yang secara intens memberi pembekalan, kata Abdel, di antaranya berasal dari Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Tek­nologi Bandung (ITB) dan Univer­sitas Diponegoro (Undip). Dari ketiga dosen tersebut, Abdel dan tiga delegasi lainnya memperdalam perbekalan untuk menuju pentas IESO Brazil.

“Pihak sekolah juga memberikan keleluasaan pada saya untuk berko­sentrasi pada IESO. Karena selain membawa nama Indonesia, nama SMAN 1 Sumbar juga berada di pundak saya, tentunya saya akan berjuang sekuat tenaga dan tentunya ka­mi para delegasi membutuhkan doa da­­ri segenap rakyat Indonesia,” harapnya.

Tak muluk-muluk, harapan Ab­del pada gelaran IESO adalah me­raih prestasi sebaik mungkin demi Indonesia. Ia optimis dapat meraih medali.

Abdel selalu mendapat dukungan dari keluarga untuk me­raih prestasi setinggi-tingginya. Ia berharap pemerintah daerah juga menyatakan dukungan penuh terha­dap perjuangan yang ia lakukan.

“Saya berharap bisa meraih yang terbaik di Brazil nanti. Karena pemerintah menjanjikan beasiswa pendidikan strata I (S1) jika meraih medali perunggu, beasiswa hingga strata II (S2) jika meraih medali perak dan beasiswa hingga strata III (S3) jika meraih medali emas. Semoga saja emas,” ucapnya penuh harap. Aamiin.

Sebagaimana dikatakan oleh Amrizal R, mamak (paman) Abdel yang selalu memberi dukungan penuh pada keponakannya. Ia cukup menyayangkan minimnya perhatian pemerintah daerah terhadap prestasi yang diraih oleh pelajar dari Sumbar.

Setelah lulus Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, Abdel beren­cana melanjutkan pendidikannya ke UGM dan mengambil jurusan Tek­nik Geologi, pilihan tersebut sudah jelas menyatakan betapa tertariknya Abdel dengan ilmu kebumian. (*)

 

Oleh: JULI ISHAQ PUTRA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]